Berita  

MASYARAKAT DESA CIPAKEM GELAR HAJAT DESA

MASYARAKAT DESA CIPAKEM GELAR HAJAT DESA..GLOBAL INVESTIGASI NEWS..Kuningan 18 juli 2024.

Hari ini tepatnya tgl 10 Muharam 1446 H bertepatan dengan 17 Juli 2024, masyarakat desa cipakem secara bersama melaksanakan hajat desa dalam rangka memperingati tahun baru hijriah 1446 H, Uniknya warga desa tidak melaksanakan kegiatan tersebut dengan upacara atau kegiatan sejenis, warga desa secara serempak di seluruh dusun dan kampung melakukan pemotongan hewan, sapi dan kambing yang kemudian di masak dan di bagikan kepada seluruh warga desa. Dulu kegiatan ini dikenal dengan istilah munjung, namun seiring waktu berubah menjadi HAJAT DESA, dengan maksud melestarikan budaya leluhur yang di sempurnakan dengan kegiatan doa bersama dan istigosah yang berarti mengungkapkan rasa syukur atas potensi dan hasil pertanian dan peternakan yang baik sekaligus bersyukur atas terbentuknya desa cipakem, Di karenakan jejak harlah desa belum diketahui pasti, namun warga berkeyakinan desa cipakem mulai ada tepat ketika bulan Muharam dengan istilah hijrah menuju desa cipakem dari berbagai wilayah yg kemudian membetuk sebuah desa.

Sekdes cipakem Armansyah, s.pd ketika di konfirmasi menjelaskan bahwa kegiatan hajat desa ini merupakan ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT melalui peringatan tahun baru hijriah, dengan maksud melestarikan budaya terdahulu agar tetap tercipta kebersamaan persatuan dan kesatuan untuk membangun spirit masyarakat desa agar semakin maju, sehingga tercipta daerah yang baldatun toyibatun wa robbun goffur. Amin. Pungkasnya

Desa Cipakem KC Maleber KB kuningan jawabarat Menurut .Ketua BPD H. Diding Wahyudin. S.p.d di dampingi kepala desa H Uci Sanusi S.A.g dan Sekdes Armasyah Spd dan seluruh Perangkat desa Beserta .Tokoh Masyarakat tokoh agama Karang Taruna dan semua di libatkan demi kesejahteraan kesuksesan hajat di desa Seluruh masyarakat mendukung gelar hajat desa hajat bumi kata bahasa orang tua Buhun Mumunjung / itu rutin hajat bumi di desa Cipakem di laksanakan selain di Desa di Dusun seklok melaksanakan hajat bumi hajat Desa yang di pimpin Lurah Nur Reja dan perangkat Desa dan juga pemotongan hewan kambing yang di sembelih oleh kiai Kurnia pungkas nya..by..Awa,, Alex Nurdiansyah.