Berita  

Jelang Pilkada Serentak 2024, Polres Pamekasan Tingkatkan Keterampilan Anggota Dalmas

Globalinvestigasinews.com.
PAMEKASAN – Polres Pamekasan menggelar kegiatan pelatihan pengendalian massa (Dalmas) Jelang Pelaksanaan Pilkada serentak di Seluruh Indonesia, Pelatihan dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Pamekasan AKP Bambang didampingi KBO Samapta Polres Pamekasan, bertempat di Lapangan Apel Polres Pamekasan, Rabu (24/7/2024).

Para personil dilatih dalam berbagai formasi, termasuk formasi dorong dan formasi berlindung, yang menjadi kunci dalam menghadapi situasi huru hara yang dapat terjadi kapan saja.

Kasihumas Polres Pamekasan AKP Sri Sugiarto menyampaikan, Tujuan dari kegiatan ini untuk mengingatkan dan meningkatkan keterampilan anggota Dalmas Polres Pamekasan dalam pengendalian massa, yang merupakan bagian dari tugas pokok mereka. Mengingat Pilkada yang akan datang, persiapan ini menjadi sangat penting untuk memastikan situasi tetap kondusif dan aman.

Personil Polwan juga dilibatkan dalam latihan Dalmas kali inim

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa personel Dalmas Polres Pamekasan siap secara fisik dan mental dalam menghadapi setiap potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pilkada Serentak mendatang. Kesiapan ini sangat penting untuk memastikan kelancaran proses demokrasi dan keamanan masyarakat,” tutur AKP Sri.

Lebih lanjut Kasihumas juga menjelaskan, Pola pelatihan secara rutin dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personil saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik. Sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pilkada nanti, Personel tetap humanis. tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan,” ucap AKP Sri Sugiarto.

Sementara itu Polres Pamekasan juga terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan salah satu upayanya adalah melalui peningkatan kemampuan dan kesiapan personil dalam menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi selama Pilkada serentak, Pungkasnya.