Berita  

Pimpinan DPRD Kab. Batola Bersama Dishub Pemkab Setempat Dengan Balai Transportasi Darat Kalsel Berkunjung ke Direktorat Transportasi Pusat di Jakarta.

Jakarta, Global tv investigasinewscom.

Koordinasi dan konsultasi Pimpinan DPRD serta Dinas Perhubungan kab. Batola bersama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat kelas II Kalsel ke Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan terkait dengan usulan pembangunan dermaga pasar baru marabahan untuk masuk ke dalam pembiayaan APBN

Tempat dan waktu (hari/tanggal) :
Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan kementerian perhubungan DKI Jakarta, Senin tanggal 22 Juli 2024.

Hasil :
Dihadiri oleh unsur Pimpinan DPRD, selaku pimpinan rombongan wakil ketua M. Agung Purnomo serta dan wakil ketua Arfah serta kepala dinas perhubungan Barito Kuala Joko Sumitra dan dari pihak Balai Pengelola Transportasi Darat kelas II Kalsel Sigit Mutarso semnetara dari pihak Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan diwakili oleh Windi Sulistiawati beserta jajaran.
Dijelaskan secara garis besar oleh Kepala dinas perhubungan barito kuala, Joko Sumitro kondisi pelabuhan yang menajdi salah satu akses transportasi masyarakat sekitar.
Progres dari rencana pelaksanaan pembangunan dermaga tersebut adalah telah dilakukan penyerahan kelengkapan dokumen administrasi berupa sertifikat dermaga, DED, renstra dan dokumen pendukung lainnya yang langsung diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Barito Kuala dan dinas Perhubungan barito Kuala.
Atas penjelasan tersebut, tanggapan dari dirjend perhubungan darat diwakili oleh Windi :

  1. Utk usulan menjadi skala prioritas dikemenhub dan akan dievaluasi untuk dimasukan ke Renstra Kemenhub melalui Dit. Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan 2025 – 2029.
  2. penyelesaian pembebasan lokasi di area pembangunan.
  3. Perlu koordinasi dengan pihak terkait utk kelanjutan pembangunan pelabuhan tersebut utamanya Balai Pengelola Transportasi Darat kelas II Kalsel.
  4. untuk pemeliharaan pelabuhan bisa dianggarkan oleh pemerintah daerah melalui APBD

Atas tanggapan dari dirjend perhubungan darat tersebut, kepala dinas perhubungan Joko Sumitro, berharap usulan yang yang sudah diajukan dapat ditindaklanjuti karena merupakan termasuk kegiatan yang menjadi skala prioritas, mengingat sudah lama pelabuhan tersebut tidak direnovasi serta akan melakukan percepatan pembangunan dermaga marabahan dengan meningkatkan kordinasi dgn SKPD terkait untuk pemenuhan persyaratan yg di minta oleh kemenhub melakukan komunikasi secara intensif ke kemenhub. Melalui BPTD Prov Kalsel Serta minta dukungan dr dprd kab. Barito kuala.

Pimpinan DPRD melalui Wakil Ketua DPRD M. Agung Purnomo, sama halnya dengan plt kepala dinas perhubungan berharap agar kegiatan tersebut dapat diarealisasikan serta mendukung untuk memperjuangkan rencana pembiayaan pelabuhan dianggarkan melalui APBD, mengingat fungsi dari dermaga tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat yang notabene kabupaten barito kuala sebagian wilayahnya adalah wilayah perairan selain itu pihak Dinas perhubugan agar lebih optimal dalam mencari terobosan2 untuk pembiayaan pembangunan yang terkait dengan tupoksi dinas perhubungan ( hum/yuday)