Berita  

Pemkot Bitung, Serah Terima Duplikat Sang Saka Merah Putih & Teks Proklamasi

Bitung, globalinvestigasinews.com – Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri beberapa waktu lalu turut hadir sekaligus menjemput Duplikat Bendera Merah-putih dan Duplikat Teks Proklamasi di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jalan Boulevard Barat Raya, Jakarta Utara pada 7 Agustus 2024 lalu,. Pada Hari Jumat, (9/8/2024) kemarin, Duplikat Bendera Merah Putih Bersama dengan Duplikat Teks Proklamasi tiba di Kota Bitung dan langsung di serahterimakan kepada Pengurus Purna Paskibraka Kota Bitung, yang dikawal langsung oleh calon Pengibar bendera yang nantinya akan bertugas pada tanggal 17 Agustus 2024.

Penyerahan bendera ini diserahkan langsung oleh Pembina Purna Paskibraka Bitung, Tirso Mamadoa yang menjemput duplikat tersebut dari Jakarta.

“Ya, Pak Walikota yang menerima langsung duplikat ini yang diserahkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, untuk kemudian akan dikibarkan di Kota Bitung pada 17 Agustus nanti,” kata Tirso.

Pesan dari Pak Walikota jika saat tiba di bandara, Bendera harus secepatnya diserahkan ke Pengurus Purna Paskibraka untuk diacarakan serah terima, kemudian diserahkan ke Asisten 1 dan disimpan di ruangan yang aman.

“Saya baru dari bandara dan langsung kemari, membawa duplikat ini, sekaligus menyampaikan pesan dari Ketua Dewan Pengarah BPIP Prof. Dr. (H.C.) H.Megawati Soekarnoputri kepada adik-adik paskibrka,” ujarnya.

Diapun menuturkan jika dalam kotak transparan tersebut terdiri dari Duplikat Bendera Pusaka, Salinan Teks Proklamasi, Naskah Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, dan Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila.

“Kotak ini tidak bisa dibuka sebelum tanggal 17 Agustus, sebelum pelaksanaan pengibaran bendera baru bisa dibuka,“ tegas Tirso.

Duplikat bendera pusaka ini akan diserahkan Pak Walikota kepada Pasukan Pengibar Bendera pada acara pengukuhan Paskibra.

“Kenapa belum bisa diserahkan pak Walikota saat ini, karena adik-adik calon pasukan pengibar bendera ini belum dikukuhkan,” tutup Tirso.

Duplikasi bendera Pusaka ini, tiba di kota Bitung sekitar 15.20 Wita dan Langsung di jemput oleh barisan paskibraka.

Istimewanya, sebelum di simpan di kantor Walikota, bendera yang dibuat sama persis dengan Bendera Pusaka Merah putih ini dibawah ke Podium untuk penerimaannya dan diiringi dengan lagu, Untukmu Sang Proklamator Ciptaan Leonardo Axel Galatang yang dinyanyikan dengan khimad oleh paskibraka.

(DKL/GIN-Sulut)