Berita  

LOMBA MASAK IKAN YANG DIGELAR DALAM RANGKA HARI JADI PROPINSI KALSEL KE-74, DIHADIRI ACIL ODAH MERIAH.

Banjarbaru -GLOBAL INVESTIGASINEWSCOM

Lomba masak serba ikan yang di gelar Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Selatan tingkat Provinsi yang Ke 21 ini di selenggarakan di Halaman Perkantoran Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru pada Rabu (21/8/2024).

Acara di buka oleh Asisten Administrasi Umum, Ahmad Bagiawan, lomba masak serrba ikan diikuti oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Kalimantan Selatan, dengan tiga kategori lomba, yaitu menu kudapan, menu keluarga, dan menu balita.

Ketua TP PKK Hj.Raudatul Jannah ( Acil Odah) yang turut hadir dalam acara tersebut serta dihadiri Kepala SKPD lingkup Kalsel, perwakilan Dinas Kelautan Kelautan dan Perikanan Kabupaten dan Kota se-Kalsel.

Acil Odah, terlihat mencicipi masakan yang di sajikan sambil berkeliling ke meja para peserta Lomba, kemudian berlanjut ke pengumuman para pemenang lomba ke panggung terbuka di area acara.

Di awali kata sambutan tertulis oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (Paman Birin) yang sedang berada di jakarta, oleh Asisten Administrasi Umum Ahmad Bagiawan, Gubernur Paman Birin mengatakan, pentingnya upaya pemanfaatan sumber daya hayati perikanan dan perairan sebagai bagian integral dari pembangunan sektor perikanan di daerah.xà

“Sektor perikanan memiliki nilai ekonomis yang penting dan tinggi, bahkan sangat strategis dan prospektif sebagai produk yang menjanjikan di masa mendatang,” paparnya.

Gubernur, Paman Birin memberikan perhatian serius yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel terhadap permasalahan stunting serta gizi buruk.

“Masalah stunting dapat menyebabkan penurunan kualitas sumber daya manusia dan tumbuh kembang anak, oleh karena itu perlu penanganan serius,” ungkapnya lagi.

“Banua kita (Kalsel) yang kaya akan sumber daya perikanan serta kebiasaan masyarakat Banjar yang gemar makan ikan, tentunya ini merupakan potensi yang dapat diangkat, dikembangkan, dan dipromosikan untuk mendukung program pemerintah menurunkan angka stunting di daerah kita.” Pungkasnya menutup sambutan.

Di kesempatan wawancara Rusdi Hartono, S.Pi., MP Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalsel Rusdi Hartono menyampaikan,kegiatan memasak serba ikan ini sebagai salah satu rangkaian Meratus Geopark Great Culture Carnival.

Rusdi Hartono, mengatakan lomba masak serba ikan ini,tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana edukasi untuk meningkatkan konsumsi ikan ke masyarakat.

“Makan ikan sangat penting untuk kesehatan, terutama bagi anak-anak balita. Melalui kegiatan ini, kami ingin mendorong kebiasaan makan ikan di seluruh lapisan masyarakat,” katanya lagi.

Selain perlombaan, Dislutkan Kalsel juga membagikan total 1000 kg ikan ke sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan di wilayah Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar serta masyarakat yang hadir pada acara hari ini tadi. (WAWAN/ YUDAY)