Berita  

PSKBI Mantapkan Langkah Sebagai Penjaga Budaya Nusantara di Banten

Banten Agustus 31, 2024

Serang,– Ketua Umum Paquron Singandaru Karuhun Banten Indonesia (PSKBI), Drs. Tb Rahmad Sukendar, SH, bersama jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat, melakukan ziarah ke Makam Pangeran Singandaru di Serang, Banten, sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan leluhur.

Setelah menggelar rapat konsolidasi di Kantor Sekretariat PSKBI, Ketua Umum beserta rombongan langsung menuju Makam Pangeran Singandaru (Tb. Abdurohman) di lingkungan Kaujon, Kota Serang. Ziarah ini didampingi pengurus pusat, Dewan Pengawas, serta pengurus wilayah Provinsi Banten.

Setibanya di makam, rombongan melaksanakan sholat Ashar berjamaah sebelum memulai prosesi ziarah. Ketua Umum PSKBI didampingi oleh keturunan Pangeran Singandaru yang juga menjabat sebagai Dewan Pengawas, yakni Tb. Nana Mulyana, Tb. Yusup, dan Arifinuri.

Usai ziarah, yang bertepatan dengan waktu Maghrib, rombongan melanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah dan diakhiri dengan diskusi di pendopo kompleks makam.

Drs. Tb Rahmad Sukendar, SH, menegaskan bahwa ziarah ini adalah bentuk penghormatan kepada Pangeran Singandaru, seorang Aulia Allah, serta bagian dari komitmen PSKBI dalam melestarikan budaya leluhur. PSKBI telah resmi terbentuk dengan penandatanganan akte notaris pada Jumat, 30 Agustus, dan siap bergerak dengan penuh ridho Allah SWT untuk membawa kemaslahatan, kemuliaan, dan keberkahan.

“PSKBI diharapkan menjadi wadah pemersatu dan pelestari budaya Banten serta budaya Nusantara. Kami akan terus mempertahankan dan merawat warisan leluhur sebagai bagian dari identitas bangsa. Semoga Allah SWT meridhoi setiap langkah kami,” selanjutnya dalam waktu dekat kami dari pengurus akan melaksanakan kegiatan silaturahmi menjumpai Kapolda Banten, Kajati Banten dan PJ Gubernur kita sekali lagi mohon doa restu dan dukungan dari semua pihak semoga PSKBI mendapat tempat di hati masyarakat tutup Tebe Sukendar . (Yani)