Berita  

Keseruan Karnaval Desa Kemuningsari Kidul Dapat Medongkrak UMKM.

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 Pemdes Kemuningsarikidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember sukses menggelar karnaval yang meriah, Senin (1/9/2024).

Meski sudah memasuki bulan September, Semangat merayakan Hari Kemerdekaan masih dirasakan oleh warga Desa Kemuningsarikidul. Pelaksanaan karnaval ini menarik antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, ribuan orang memadati area karnaval disepanjang rute yang dilalui.

Acara ini berlangsung dengan semangat dan antusiasme dari warga desa,yang turut serta menampilkan berbagai atraksi senitari dan budaya. Dan Acara ini tidak hanya menjadi hiburan spektakuler bagi warga desa Kemuningsarikidul, tetapi juga menegaskan semangat kebersamaan dan kebanggaan akan Budaya Nusantara.

Karnaval ini diikuti oleh masyarakat setempat, Setiap peserta menampilkan kreativitas mereka melalui kostum – kostum unik, kendaraan hias,dan pertunjukan senitari yang memukau.suasana semakin semarak dengan iringan musik tradisional dan modern yang menggetarkan suasana perayaan.

Supri’ selaku panitia menyampaikan”‘ kegiatan karnaval ini ada 28 regu dan masing – masing regu lebih dari 100 peserta.dan karnaval ini di mulai dari pukul 15.00 Wib sampai dengan selesai.untuk terkait segi keamanan kita melibatkan dari Polsek, Koramil, Satpol-PP, Banser, Panter dan RT/RW setempat.

Ia berharap, semoga acara karnaval ini sukses berjalan lancar tidak ada kendala, juga untuk UMKM bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Dari pantauan dilokasi karnaval,” Di barisan pertama regu kehormatan yaitu Kepala Desa Kemuningsarikidul ‘Dewi Kholifa’ bersama perangkat Desa dengan berjalan kaki tampil mengenakan mahkota kuning dan membawa tongkat layaknya permaisuri raja, telihat sangat anggun dan cantik sekali. Dan juga para peserta karnaval menampilkan berbagai atraksi dan kreasi didepan garis finish.

Disela-sela acara Kepala Desa Kemuningsarikidul “Dewi Kholifa” Mengatakan’ Kegiatan karnaval ini untuk memeriahkan HUT RI ke-79 dan untuk menghibur masyarakat juga medongkrak UMKM yang ada di Desa Kemuningsarikidul.dengan Start dari Dusun Kebunsadeng dan Finish di depan Gedung Putih

Ia juga menegaskan karena terbentur dengan kegiatan – kegiatan yang lain, di bulan Agustus kita Full kegiatan,jadi karnaval kita ambil di tanggal 1 September 2024,”” Tuturnya.

Dengan kegiatan ini diambil positifnya oleh masyarakat dan bisa bermanfaat juga untuk masyarakat terutama bisa menghibur masyarakat,” Harapnya.

Masih ditempat yang sama,” ketua Bhayangkari Ranting Jenggawah sangat Apresiasi sekali dengan kegigihan dan semangat dari ibu kades Kemuningsarikidul. pada khususnya, karena beliau itu luar biasa dalam menyemangati masyarakat dan juga untuk memajukan desanya. menjadi selangkah lebih maju daripada desa yang lain,” ungkapnya.

Semangat beliau itu menjadi panutan dan teladan bagi kita semua Mudah- mudahan semangat beliau ini bisa menjadi hal-hal yang istimewa terutama buat saya Ketua Ranting Bhayangkari ingin sekali bekerja sama dan ingin sekali selalu solid dengan beliau selaku Kades Kemingsarikidul. Luar biasa sangat apresiatif tetap semangat,tetep sehat,tetep luar biasa,” terangnya.

Journalist: Hadi.W