Polsi di Trenggalek Nekat Urunan Untuk Tambal Jalan Berlubang

TRENGGALEK | Kondisi jalan berlubang memang kerap menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pengguna jalan harus ekstra hati-hati saat melaju dan mengurangi kecepatan agar tidak sampai terjatuh.

Menyikapi beberapa kali insiden kecelakaan yang terjadi diwilayahnya, Polsek Kampak tak mau berdiam diri. Dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada, Polsek Kampak berupaya melakukan langkah-langkah pencegahan. Salah satunya dengan menambal jalan berlubang.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Kampak Iptu Henri Agus S., S.Sos. menegaskan, aksi sosial dalam bentuk menambal jalan berlubang tersbut digelar di sepanjang jalan raya Kampak-Gandusari masuk Desa Sugihan dan Desa Bendoagung. Jumat, (20/9/2024).

“Kondisi lubang memang tidak berdekatan, tapi titiknya cukup banyak. Jadi kita tambal satu persatu, kemudian kita berikan tanda agar tidak dilintasi pengendara untuk sementara waktu.” Ujarnya.

Mengingat jarak yang relatif cukup jauh, pembuatan adonan smen, koral dan pasir di buat terlebih dahulu di satu tempat, baru kemudian diangkut menggunakan mobil patroli lengkap dengan gerobak sorong untuk memudahkan membawa adonan dari satu titik ke titik yang lain.

“Kegiatan menambal jalan berlubang ini merupakan kali ke dua. Yang pertama dulu kita lakukan di Jalan baru.” Imbuhnya.

Sama halnya seperti sebelumnya, untuk mencukupi biaya pembelian material merupakan hasil dari sedekah sukarela dan urunan anggota. Hasil yang terkumpul ini lah yang kemudian digunakan untuk berbagai keperluan menambal jalan. Mulai dari pembelian semen, pasir, koral dan lain-lain. Sedangkan untuk tenaga, semua dari anggota Polsek kampak sendiri.

Meski hanya dengan menggunakan semen, pasir dan koral, pihaknya berharap setidaknya jalan yang berlubang bisa tertutup dan bisa menekan potensi kecelakaan lalu lintas. Namun demikian, pihakny atetap meminta agar para penggunaa jalan tetap hati-hati dan waspada serta senantiasa mematuhi aturan lalu lintas.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.” Ucapnya.

Sementar itu Yudha, salah satu warga setempat yang kebetulan memang sering melewati jalur tersebut untuk pulang pergi bekerja menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya Polsek Kampak yang rela turun tangan menambal jalan.

“Saya kebetulan memang sering lewat jalan ini. Lubang jalan memang agak riskan, apalagi malam hari. Apa yang dilakukan Polisi tentu sangat membantu kami, para pengguna jalan. Paling ndak, tidak kaget lagi karena tiba-tiba ada lubang jalan didepan kita. Apresiasi dan terima kasih untuk pak polisi semua.” Pungkasnya.(ard)