Berita  

Kemenag Kab. Batola Gelar Doa Bersama dan Penguatan Moderasi Beragama Jelang Pemilu 2024

MARABAHAN .GINEWS.COM
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala (Kankemenag Batola) gandeng Pemerintah Daerah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Barito Kuala menggelar acara Penguatan Moderasi Beragama dan Doa Bersama dalam Menyongsong Suksesi Pilkada 2024.
Adapun kegiatan yang bertema “Merawat Kebersamaan Menuju Batola MAJU (Makmur, Aspiratif, Jujur, dan Unggul)” ini diawali dengan doa lintas agama yang dipimpin oleh 4 perwakilan agama di Batola yaitu Islam, Kristen, Hindu, dan Katolik.
Ketua panitia kegiatan Suyud Sugiono, S.IP.,MA yang juga merupakan Kepala Badan Kesbangpol Kab. Batola dalam laporannya mengajak peserta untuk bergandeng tangan agar bisa mensukseskan pemilihan kepala daerah Kabupaten Barito Kuala dan keberagaman yang ada dapat Bersama-sama membangun Barito Kuala.
Sementara Pj. Bupati Batola Dinansyah,S.Sos.,MM berharap momentum ini dapat menjadi wadah terjalinnya hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dan masyarakat.
“Perbedaan ras, budaya, agama merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bila saling menghormati dan menghargai, sehingga kerukunan antar umat beragama harus kita dengungkan dan galakan untuk mengantisipasi terjadinya pertikaian dan konflik antar umat beragama,” tukasnya pada Kamis, (19/09/2024) di Aula Selidah Marabahan.

Adapun Ka.kankemenag Batola H. Anwar Hadimi, S.Pd.,M.Pd dalam materinya menuturkan bahwa dalam beragama kita tidak boleh ektrem dan berlebihan.
“Dalam beragama hendaknya kita tidak merasa menjadi paling benar sehingga menyalahkan orang lain karena belum tentu orang lain itu salah. Begitu pula dalam menghadapi pilkada kita harus saling menghargai pilihan masing-masing,” ungkapnya pada kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan agama dan SKPD se Kab. Barito Kuala.
Kegiatan ini juga diisi dengan materi dari Badan Kesbangpol Batola yang membahas tentang kebijakan pemerintah dalam merawat kerukunan dan materi dari KPU tentang informasi pemilihan kepala daerah di Batola.
Kepala Kesbangpol Barito Kuala Suyud Sugiono,S.IP.,MA selaku ketua pelaksana menghimbau tokoh tokoh agama agar turut berpartisipasi dalam pilkada ini dan memilih calon kepala daerah yang sesuai dengan visi misi yang sesuai dengan keinginan pemilih.
Seusai acara beberapa pendeta yang ditemui bagaimana tanggapannya mengenai acara ini,diwakili oleh pendeta pa Harsiman mengakui sejak Kamenag dikepalai oleh pa Haji Anwar Hadimi ,sungguh luar biasa karena kami diminta hadir dipodium sebagai Rasa kepedulian dan Kerakatan antar Beragama yang selama ini belum pernah ada di Barito Kuala diadakan acara semacam ini doa Bersama supaya Suksesi Pilkada di Batola selalu aman dan tentram tutur pendeta Harsiman (yuday)