Peringati HUT TNI Ke-79, Kodim 0829/Bangkalan Gelar Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah Dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Bangkalan – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79 tahun 2024, Kodim 0829/Bangkalan menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan yang meliputi kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat. Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan donor darah diikuti oleh personel TNI dan PNS Kodim 0829/Bangkalan, anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Dim 0829 Koorcab Rem 084. Sabtu (21/9/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan stok darah dan mengangkat drajat kesehatan di wilayah Kabupaten Bangkalan dan meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sementara itu dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, masyarakat Bangkalan berkesempatan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan berbagai layanan kesehatan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang bermanfaat bagi warga masyarakat dan mendukung kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Kegiatan bakti sosial kesehatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut di ikuti sebanyak 80 Orang (Pengobatan Gratis) 75 Orang (Pendonor) yang berlangsung di Aula Manunggal Kodim 0829/Bangkalan. Acara dihadiri langsung oleh Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Nanang Fahrur Rozi, S.Pd., yang turut menyumbangkan satu kantong darahnya pada kegiatan tersebut.

Dalam keterangannya Letkol inf Nanang Fahrur Rozi, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial kesehatan ini adalah salah satu cara TNI memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. “pemeriksaan gratis dalam rangka HUT TNI ke-79 adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, memperkuat hubungan antara TNI dan rakyat, serta menunjukkan kepedulian TNI terhadap kesejahteraan warga” ujarnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung program kesehatan pemerintah dan memberikan akses layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, terutama yang kurang mampu.

Kapten Inf Ali Imron, Amd., selaku ketua penyelenggara menambahkan pentingnya kegiatan donor darah dalam mendukung ketersediaan darah di wilayah Bangkalan. “Darah yang didonorkan oleh para peserta akan digunakan untuk membantu pasien yang membutuhkan perawatan medis darurat, seperti kecelakaan, operasi, dan penyakit serius lainnya”. Imbuh Pasiter Kodim 0829/Bangkalan.

Dalam kegiatan bakti sosial donor darah ini berhasil mengumpulkan sejumlah 50 kantong darah dari 75 Pendonor Karna faktor kesehatan maka tidak bisa mendonor, hasil darah akan disalurkan kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Bangkalan. Hal ini merupakan wujud nyata dari kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam mendukung kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. (Pendim_0829)