Budaya  

“Karnaval Budaya Bersih Desa Biting”, Kepala Desa Bersama Ibu Ketua TP – PKK Desa Biting Tampil Waoooo

Jember. Globalinvestigasinews. Com ~ Meski sudah bulan September, semangat merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 masih dirasakan oleh warga Desa Biting, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

Pemerintah Desa Biting sukses gelar acara karnaval budaya bersih desa dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-79,” Minggu (22/9/2024)

Acara ini berlangsung dengan penuh semangat, dan antusiasme dari warga desa yang turut serta menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya.Karnaval budaya bersih desa ini diikuti oleh masyarakat setempat, setiap peserta menampilkan kreativitas mereka melalui kostum – kostum unik dan pertunjukan seni tari yang memukau. Suasana semakin semarak dengan iringan musik tradisional dan modern yang menggetarkan suasana karnaval.

Dalam pantauan dilapangan,'” Kepala Desa Biting” Sutrisno turut serta dalam karnaval Budaya Bersih Desa ini dengan berjalan kaki tampil waoooo,” dengan mengenakan kostum hitam kombinasi lorek kuning dan memegang panah. didampingi oleh istri tercinta yang tampil anggun dengan mengenakan sanggul dilengkapi dengan bunga kuncup yang dikalungkan ala permaisuri.

sepanjang jalur karnaval, para penonton juga sangat menguntungkan bagi pelaku UMKM yang berjajar di pinggir jalan sambil menikmati hiburan sekaligus memanfaatkan momen untuk berjualan.

Disela-sela acara Kepala Desa (Sutrisno ) bersama Ibu ketua TP PKK Desa Biting mengatakan ” mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Biting yang telah berpartisipasi dalam kegiatan karnaval budaya bersih desa ini.

Untuk tema berbeda – beda sesuai dengan penampilan para peserta masing – masing, karena ada 12 regu jadi ada 12 tema dan tema yang dibawa peserta itu yang terbaik akan mendapatkan juara 1,2,3 dan juara harapan. sesuai dengan hasil penilaian juri,” Tuturnya.

Ia juga menyampaikan,” untuk rute karnaval budaya bersih desa ini start dari dusun tegallo dan Finish di dusun mojo (lapangan Biting). dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 Km dan untuk peserta kurang lebih sekitar ada 1000 peserta yang terbagi jadi 12 regu yang diikuti oleh dari, RT/RW setempat,” tuturnya.

Semoga acara seperti ini terus terlaksana di wilayah Desa Biting khususnya. dan semoga kedepannya semakin meriah karena ini adalah sebagian kecil kami untuk menghibur masyarakat dan juga untuk mengangkat perekonomian yang ada di wilayah Desa Biting” Harapnya.

Jurnalis: Hady.W