Bupati Bandung Tambah Lagi Koramil ke-17 Baleendah dari Kodim 0624

Bangun Koramil Baleendah, Bupati Bandung Ingin Kodim 0624 Jadi Type A

Bupati Bandung Ingin Kodim 0624 Tambah 3 Lagi Koramil Tahun Depan

Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama Dandim 0624 Kabupaten Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra, melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Markas Koramil 2417 Baleendah, di Jalan Raya Baleendah – Banjaran, Kp. Kulalet RT 005 RW 014, Kelurahan/Kecamatan Baleendah, Senin (23/9/2024).

Bupati Bandung menyampaikan rasa bahagianya karena keinginan untuk mempunyai Koramil Baleendah akhirnya terwujud, meski tanpa mengandalkan dana dari APBD. Sementara untuk lahannya sendiri merupakan lahan aset milik Pemkab Bandung.

“Koramil Baleendah ini merupakan Koramil ke-17 dari Kodim 0624. Pendanaannya non APBD, melainkan ari dana CSR Bank Bjb,” jelas bupati.

Bupati Dadang Supriatna meminta kepada pelaksana pembangunan untuk membereskan penyelesaian pembangunan Makoramil Baleendah ini dalam 40 hari.

“Kalau Makoramil ini sudah berdiri, insya Allah, tahun depan saya ingin menambah 3 Koramil lagi,” tandas Kang DS, sapaan bupati.

Ketiga rencana Makoramil yang akan dibangun itu antara lain untuk Koramil Bojongsoang, Arjasari dan Pameungpeuk.

“Dengan penambahan Koramil ini saya ingin ke depan Kodim 0624 Kabupaten Bandung bisa naik statusnya menjadi Type A dari yang saat ini masih Type B,” ungkap Kang DS.

Sebelumnya, Bupati Bandung Dadang Supriatna juga meresmikan Koramil 2416/Pacet Kodim 0624/Kabupaten Bandung di Jalan Raya Pacet, Desa Peujeuh, Kecamatan Pacet, pada 24 Januari 2024.

Artinya, dalam satu tahun Bupati Dadang Supriatna telah melaksanakan janjinya untuk membangun 2 koramil di tahun 2024. Ia menargetkan keinginannya untuk membangun 13 Koramil lagi yang masih tersisa.

“Kodim 0624 yang saat ini membawahi 17 Koramil, dirasa masih kurang.  Saya mengusulkan melalui DPRD Kabupaten Bandung, untuk dibentuk lagi koramil-koramil, sehingga dapat hadir di setiap kecamatan yang ada,” ucap Kang DS.

Kendati begtu, pendirian Koramil baru harus mengikuti prosedur Pengembangan Gelar Satuan (Banglarsat) Mabes TNI. Seperti dengan membuat kajian berdasarkan pandangan Ipoleksosbudhankam (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan).

Sementara itu Dandim 0624 Kabupaten Bandung, Letkol Inf Tinton Amin Putra mengatakan kehadiran Koramil 2417 Baleendah ini sudah dinanti-natikan masyarakat Baleendah yang saat ini jumlahnya mencapai 250 ribu jiwa. Dengan padatnya jumlah penduduk Baleendah ini menurut Dandim menyebabkan banyak pula permasalahan yang kompleks.

“Syukur alhamdulillah, kita dapat melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama Koramil Baleendah, dengan dukungan dari Pak Bupati. Koramil Baleendah ini merupakan Koramil ke-17 dari 31 kecamatan di lingkungan teritorial Kodim 0624. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Baleendah ,” kata Dandim.

Pihaknya berharap dengan kehadiran Koramil Baleendah antara aparat TNI dan masyarakat dapat saling membantu dan mempermudah dalam berkomunikasi.

 “Saya sengaja perintahkan seluruh Danramil berserta Babinsa-nya dari Kodim 0624 untuk hadir di sini, biar tahu bahwa selama ini Pak Bupati atau pemimpin pemerintah daerah sudah membantu TNI, khususnya Kodim 0624, untuk mengembangkan potensi wilayah yang ada di Kabupaten Bandung ini,” terang Dandim.(*)