Berita  

Job Fair Jatim Dorong Investasi Jatim Yang Inklusif dan Ramah Tenaga Kerja

Diunggah pada : 23 September 2024 12:30:36  33

GIN SURABAYA JAWA TIMUR Job Fair Jatim Dorong Investasi Jatim Yang Inklusif dan Ramah Tenaga Kerja
Jatim Newsroom- Pemerintah Provinsi Jatim melalui Disnakertrans Prov. Jatim menyelenggarakan job fair pada 24-25 September 2024 sebagai program strategis tahunan dalam upaya mengurangi angka pengangguran terbuka kata Kepala Disnakertrans Jatim, Sigit Priyanto, ST., MM, Senin (23/9/2024)
 
Job Fair Prov. Jatim dilaksanakan September yang dikenal sebagai “bulan pasar kerja di Jatim“. pencanangan bulan pasar kerja ini sesuai surat edaran gubernur jatim no. 560/3366/031/2014 tanggal 10 juli 2014. yang teristimewa, Job Fair ini juga menjadi momentum awal dari seluruh rangkaian kegiatan Disnakertrans Prov. Jatim dalam rangka peringatan hari jadi Prov. Jatim ke-79 tahun 2024.
 
Job Fair kali ini tetap memunculkan tagline “merdeka berkarir”. sedangkan temanya “mendorong investasi di Jatim yang inklusif ramah tenaga kerja”. makna dari semangat merdeka berkarir, tiap orang memiliki kebebasan untuk memilih profesi dan mengakses peluang kerja sesuai minat, bakat, kreativitas, kesempatan yang ada, baik di sektor formal maupun kesempatan mengembangkan profesi di sektor informal. Tagline ini juga sebagai respon atas terbukanya kesempatan dan peluang bagi penyandang disabilitas dalam mendapatkan kesempatan kerja yang sama dengan pencari kerja non-disabilitas. 
 

Job Fair Jatim Dorong Investasi Jatim Yang Inklusif dan Ramah Tenaga Kerja
Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lowongan kerja yang dibuka oleh beberapa perusahaan untuk pencari kerja penyandang disabilitas. lowongan tidak terbatas pada jabatan tertentu, dan perusahaan yang membuka lowongan disabilitas terdiri dari perusahaan swasta bahkan BUMN, BUMD juga turut memberi kesempatan bagi pencari kerja disabilitas untuk mengisi jabatan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.
 
Selanjutnya, peluang kerja yang inklusif juga didukung oleh pertumbuhan investasi di jawa timur yang berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja secara luas. Job Fair kali ini diikuti total 80 booth, terdiri dari 68 perusahaan (swasta, BUMN, BUMD) dan 12 mitra Disnakertrans Prov. Jatim (Wirausaha Disabilitas, BLK dan Mitra Kerja lainnya). terdapat pula 9 perusahaan membuka lowongan kerja secara online. informasi lowongan kerja online dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat selama 5 (lima) hari, yaitu mulai tanggal 24-28 september 2024.
 
Jumlah lowongan kerja yang dapat diakses pencari kerja mencapai 4.501 lowongan, jumlah jabatan yang tersedia sebanyak 540 jabatan untuk kesempatan kerja di dalam maupun luar negeri. 6 perusahaan tercatat membuka sekitar 500 peluang kerja bagi penyandang disabilitas. sedangkan lowongan kerja luar negeri terbuka untuk 1.230 orang yang didominasi jabatan sektor formal. (her/hjr)

disnakertrans