Berita  

“KETUA DAN WAKIL KETUA ORMAS/LSM PPKP TEBING TINGGI SOROTI PEMBAGUNAN DI DESA BAH KRAPUH ?!”

SUMUT-SERDANG BEDAGAI GLOBAL INVESTIGASI News. 24/9/2024.
Desa Bah Kerapuh adalah salah satu desa kecil dan terpencil yang terdiri dari satu dusun. Jumlah penduduknya hanya kurang lebih 46 Kepala Keluarga (KK)yang bertempat tinggal di perumahan perkebunan PT. SCOFINDO, Dan terterah di papan impormasi jumlah DPTnya hanya 97 warga ,saat ini menjadi perhatian oleh Lembaga swadaya masyarakat (LSM) khususnya Ormas(LSM) PERKUMPULAN PEDANG KEADILAN PERJUANGAN(PPKP) terkait dengan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa(APBDes)nya, yang mana Desa tersebut termasuk desa Perkebunan yang letaknya dikelilingi perkebunan kelapa sawit PT.SCOFINDO Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan investigasi tim yang dihimpun awak media, dan penjelasan dari warga yang berinisial Ningsih warga Desa Bah Krapuh menjelaskan kepada awak media bahwa “perangkat desa mulai dari jabatan kepala desa hingga perangkat lainnya yang bertugas di Desa Bah Kerapuh bermayoritas karyawan di perkebunan PT. SCOFINDO , hanya sekdes dan bendahara desa (kasi keuangan) saja yang bukan karyawan.”kata Ningsih Senin23/9/2024.

Ningsih…. isteri dari salah seorang perangkat Desa saat dikomfirmasi awak media tentang kedatangannya menghampiri awak media dan Tim di kantor desa , Senin 24/9/2024 juga
mengaku bahwa keberadaannya di kantor Desa hanya untuk menggantikan posisi suaminya sebagai perangkat Desa Bah Krapuh yang saat ini menjabat sebagai kariawan PT.SCOFINDO setiap hari nya.

” saya istri perangkat di sini Pak, karna suami saya lagi kerja sebagai kariawan , dan kalau yang piket di sini perangkatnya ya ngak ada, kalau bapak mau kompirmasi sama Sekdesnya saja Pak . Nanti saya kasi nomor Henspon Kadesnya” kata Ningsih lagi.

Lalu tim investigasi mempertanyakan tentang pisik (bagunan) yang di bangun Tahun 2022 ,2023 dan 2024 ini kepada Ningsih ? Ningsih menjawab tidak tau.

Dengan nomor Henspon yang di dapat dari Ningsih(0852 0654 xxxx) Sekdes Desa Bah Krapuh berinisial (SP) saat di kompirmasi oleh awak media , baik melalui henspon mau pun whatsappnya , walaupun henspon SP aktip dan whatsapp yang terkirim sudah terceklis dua garis namun SP juga tidak mau mengangkat dan menjawab whatsapp tersebut.

Terpisah, dari investigasi yang di dapat salah satu tim. Ketua Ormas PPKP sebagai pemerhati / sosialkontrol yang beraktipitas di Wilaya Kab. Sergai dan sekitarnya yang di teruskan oleh wakilnya Amin mengatakan.

” Dengan sedikitnya warga (KK)yang ada di Desa Bah Krapuh ini yang juga kalau di bandingkan dengan anggaran pendapatan belanja desa (APBDES)yang di kelolah mencapai hampir satu miliar. Yang mana Desa yang kecil juga di kelilingi oleh perkebunan PT. SCOFINDO ini ,tentunya warga dan Desanya istimewa tentang Bagunan pisiknya.” Kata Armin wakil Ketua PPKP senin 23/9/2024.

Dari kenyataan dan yang kita lihat dari baliho impormasi yang di pasang di Kantor Desa Bah Krapuh ini , dan pisik bagunan yang di kerjakan dari tahun 2022 ,2023 dan 2024 ini mungkin tidak ada bedanya” ucap Armin wakil Ketua PPKP lagi.

Dan untuk kelanjutannya kami dan tim akan menyurati Kepala Desa Bah Krapuh agar mendapatkan penjelasan yang akurat dan jelas sebagai sosial kontrol ” Tutup Armin wakil Ketua PPKP.

Bersambung(BR)
Global investigasi news.