Kolaborasi Tangguh, Berbagai Instansi Bersatu dalam Latihan Penanggulangan Bencana

GRESIK,– Dalam semangat gotong royong, berbagai instansi di Kabupaten Gresik hari ini menggelar latihan penanggulangan bencana secara bersama yang dilaksanakan di Lapangan Desa Cermen, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Selasa (24/9/2025).

Kegiatan yang melibatkan Personel TNI, POLRI, BPBD serta Instansi terkait lainya dari Kabupaten Gresik ini menunjukkan sinergi yang kuat dalam menghadapi ancaman bencana.

Kolonel Inf Erwin, S.I.P., M.Han., Kepala Staf Korem 084/Bhaskara Jaya pada saat membacakan amanat tertulis Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya mengatakan bahwa Bencana alam merupakan ujian bagi umat manusia. Gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan berbagai jenis bencana lainnya seringkali terjadi tanpa kita duga. Kejadian-kejadian ini tidak hanya menimbulkan kerugian materi, tetapi juga korban jiwa yang tidak sedikit.

Menurut Kolonel Inf Erwin, dalam menghadapi ancaman bencana alam, kita tidak boleh lengah dan harus selalu siap siaga. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya konkrit untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan kita dalam menghadapi berbagai jenis bencana. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan ini, diharapkan kita mampu memberikan respon yang cepat, tepat, dan efektif saat terjadi bencana.

Selanjutnya Kasrem mengatakan bahwa pelatihan ini memiliki makna yang sangat penting, diantaranya adalah bahwa pelatihan ini merupakan bentuk komitmen kita untuk melindungi masyarakat dari dampak buruk bencana. Pelatihan ini juga merupakan ajang untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama antar berbagai pihak terkait dalam penanggulangan bencana. Kemudian melalui pelatihan ini, kita dapat memperkuat jaringan relawan dan membangun masyarakat yang tangguh bencana.

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran semua pihak dalam pelatihan ini. Kehadiran kita semua menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat. Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua”, imbuhnya.

“Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berlatih bersama-sama. Dengan kerja sama yang baik, saya yakin kita mampu menghadapi segala tantangan yang ada”, pungkasnya. (Penrem084)