Pejabat Korem Solo Tinjau Bantuan Irigasi Pompa Dari Kementan

Boyolali. Komandan Kodim 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, S.Pd.M.Han melalui Pgs. Pasiter Kodim 0724/Boyolali Lettu Inf Abdul Wahib mendampingi tim Waslakgiat dari Korem 074/Warastratama yang dipimpin Letkol Inf Arif Isnawan meninjau bantuan irigasi perpompaan atau irpom dari Kementan, yang bertempat di Desa Potronayan dan Desa Keyongan Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Selasa ( 24/09/24)

Lettu Inf Abdul Wahib mengatakan Kodim 0724/Boyolali menerima bantuan perluasan areal tanam dan program pompanisasi yang merupakan hasil kerja sama Mabes TNI dengan Kementan RI.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mengecek kondisi sumur bor di dua desa yaitu desa Potronayan dan desa Keyongan yang diharapkan dapat menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan air dimusim kemarau bagi masyarakat setempat untuk mensukseskan swasembada pangan nasional.

Pgs. Pasiters juga menyampaikan mesin pompa air yang dipasang itu nantinya akan bisa mengairi sawah 10 hingga 15 hektare. Selain itu penyaluran air dari pompa ini bisa lebih luas lagi dengan membangun bak primer lainnya sehingga bisa mengairi sawah lebih luas.

Sedangkan untuk program perluasan areal tanam, katanya, fokusnya ialah dengan penanaman padi gogo atau padi darat dengan sasaran lahan tegalan.

Dia mengimbau kalangan petani di wilayah itu untuk memanfaatkan bantuan pompa ini dengan baik, sehingga bisa mengantisipasi dampak musim kemarau terhadap hasil pertanian mereka seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

(Agus Kemplu)