Berita  

Sidang Pleno Terbuka Pengundian Dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati SBD

SBD, NTT.Gobalinvestigasinews.Com-Calon Bupati Sumba Barat Daya Kini sudah sah mendapatkan nomor urut berdasarkan hasil keputusan Ketua KPU SBD, Hyronymus Malelak di kantor komisi pemilihan umum(KPU)Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.(Senin,23-09-2024).

Dalam kesempatan ketua komisi pemilihan umum kabupaten Sumba Barat Daya Hyronymus Malelak manyampaikan acara pengundian dan penetapan nomor urut ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses demokrasi yang kita jalani di bumi Loda Wee Maringi Pada wee malala.

Tahapan ini tidak hanya seremonial yang bersifat simbolis belaka tetapi juga merupakan memiliki arti penting dalam membangun komitmen bersama untuk menciptakan pemilihan yang bermartabat jujur,adik,dan demokratis.

Kami KPU kabupaten Sumba Barat Daya berkomitmen untuk melaksanakan setiap tahapan pemilihan sesuai dengan asas dan prinsip-prinsip pemilu yang demokratis,menjaga nilai transparansi,dan integritas.

Maka kami juga berharap seluruh pasangan calon, Partai politik, dan seluruh elemen masyarakat terutama para pendukung,sahabat, kerabat, pasangan calon agar bersama-sama menjaga asas dan prinsip pemilu yang demokratis,menjaga nilai transparansi dan integritas dengan cara sederhana yakni sama-sama menjaga ketertiban, keamanan dan kedamaian selama proses pemilihan ini berlangsung.

Melalui kesempatan ini ,saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang berperan aktif dalam mensukseskan pelaksanaan tahapan pemilihan, terutama dalam tahapan pendaftaran dan perifikasi bakal pasangan calon, penetapan pasangan calon hingga tahap hari ini, hingga tahap pengundian dan penetapan nomor urut yang kita gelar hari ini.

Pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan calon wakil bupati sumba barat daya dalam pemilihan serentak tahun 2024 memiliki makna penting,baik secara simbolis maupun praksis dalam proses demokrasi.

Berikut beberapa makna yang ada di balik pengundian tersebut, diantaranya pertama: makna kesetaraan dan keadilan, pengundian nomor urut adalah bentuk nyata dari prinsip kesetaraan dalam demokrasi.

Semua pasangan calon memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh nomor urut secara acak tampa intervensi atau pengaruh dari pihak manapun,hal ini mencerminkan keadilan dalam proses pemilihan.

Kedua simbolisasi tahapan resmi pengundian nomor urut menandai tahapan resmi menuju kampanye pemilihan.

Dengan di tetapkan nomor urut pada hari ini calon bisa memulai memperkenalkan diri kepada masyarakat, kepada publik SBD secara lebih spesifik dan fokus sesuai nomor urut yang di dapatkan.

Yang ketiga identitas dan berending pasangan calon nomor urut menjadi identitas yang akan melekat pada setiap pasangan calon sepanjang proses pemilihan ini,nomor tersebut akan digunakan sebagai materi kampanye ,alat peraga hingga surat suara.

Maka setiap pasangan calon tentu akan membangun citra dan strategi kampanye berdasarkan nomor urut tersebut.

Keempat netralitas dan transparansi proses pengundian nomor urut yang di lakukan secara terbuka kepada publik yang di saksikan oleh semua pihak diantaranya seluruh pasangan calon yang telah hadir disini, Bawaslu, perwakilan partai politik , masyarakat umum dan seluruh Kalayak yang mengikuti dari canel YouTube KPU kabupaten Sumba Barat Daya, menunjukkan komitmen KPU dalam menjalani netralitas,menjaga transparansi, dan hal ini penting untuk membangun kepercayaan atau stres masyarakat terhadap proses pemilihan di SBD yang di gelar tahun ini.

Yang kelima pengundian ini menjadi pendorong semangat demokrasi. Pengundian ini merupakan momentum penting yang bisa memicu semangat kompetisi sehat antara pasangan calon.

Dengan nomor urut yang di tetapkan kontestasi menjadi semakin jelas dan para kandidat dapat fokus pada upaya penyampaian visi-misi, program-program terbaik guna menarik simpati yang luas dari seluruh lapisan masyarakat Sumba Barat Daya.

Makna pengundian ini representas ini harapan dan kegembiraan masyarakat,meskipun secara teknis nomor urut tidak berpengaruh langsung pada hasil pemilihan namun,bagi banyak orang,nomor tersebut memiliki makna tersendiri yang dapat menjadi bagian dari harapan dan kegembiraan masyarakat terhadap calon yang mereka dukung.

Masyarakat seringkali mengaitkan nomor urut dengan prerehensi keyakinan, optimisme terhadap keberhasilan pasangan.” Tutup Hyronymus Malelak.”

Sipri Mone/ Global