Waka Polres Tulungagung Hadiri Kegiatan Gerakan Tanam Padi di Desa Kiping

TULUNGAGUNG – Waka Polres Tulungagung hadiri kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Padi di area persawahan Desa Kiping Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.

Gerakan Percepatan Tanam Padi Kabupaten Tulungagung bertujuan untuk mensukseskan pencapaian swasembada pangan Nasional.

Kegiatan dihadiri Dr. Rachmat S.Si ., M.Si (Direktur Perlindungan Tanaman Pangan), Dr. Ir. Heru Suseno, M.T. (Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim) sekaligus PJ Bupati Tulungagung, Dr. Drh. Agus Susanto, M. Si (Kepala Pusat Standarisasi Intrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan), Denny Kurniawan, SP., MM (Kepala Bidang Tanaman Pangan Provinsi Jawa Timur), Waka Polres Tulungagung Kompol Christian Bagus Yulianto, S.H., S.I.K., M.Si, Kasdim Tulungagung, Kepala Dinas dan OPD Kab. Tulungagung, Camat Gondang Endra Kusriawan, S.STP.,M.Si., Kapolsek Gondang AKP Andik Prasetiyo, S.H., M.H., Kades dan perangkat Desa Kiping serta Kelompok tani Desa Kiping.

PJ Bupati Tulungagung Heru Suseno, mengatakan, potensi Pertanian di Kabupaten Tulungagung juga tersedia melimpah dengan luas lahan pertanian kurang lebih 27.007 hektar dimana sebagian besar merupakan daerah pegunungan dan dataran yang subur dengan curah hujan yang cukup tinggi sehingga sangat cocok untuk Usaha Budidaya Pertanian. Selain itu juga didukung dengan banyaknya Sumber Daya Manusia yang bergerak di sektor pertanian.

“Pembangunan Pertanian di Kabupaten Tulungagung telah berhasil meningkatkan produksi pangan daerah dengan indikasi capaian yang terus meningkat dari tahun ke tahun, baik untuk komoditas tanaman pangan, hortikultura, maupun tanaman perkebunan”, ujar Heru Suseno.

Keberhasilan program-program ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras para petani serta dukungan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten yang telah banyak memberikan bantuan untuk usaha pertanian dari hulu (on farm) sampai hilir (off farm).

Dalam kesempatan dilaksanakan penanaman padi, dimana tamu undangan ikut turun ke sawah bersama sama dengan petani.(ard)