Berita  

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Ribuan Warga Ikuti Gerak Jalan Sehat dan Donor Darah Massal

Bandung.Globalinvetigasi.new.com.
Sebanyak 5.000 warga antusias mengikuti Gerak Jalan Sehat dan Donor Darah Massal yang diselenggarakan PMI Kota Bandung dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia dan Hari Palang Merah Indonesia (PMI), Minggu, 29 September 2024.

Kegiatan dimulai pukul 06.45 di PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, dan dibuka langsung oleh Pj Sekda Kota Bandung, Dharmawan, yang mewakili Pj Wali Kota Bandung, A. Koswara.

Dharmawan menyampaikan apresiasinya atas peran PMI dalam menyokong kesehatan masyarakat melalui kegiatan donor darah, serta berharap kegiatan ini terus menumbuhkan semangat gotong royong dan solidaritas sosial di Kota Bandung.

“Semoga semua pendonor yang sudah berkontribusi menjadi pahlawan kesehatan yang bisa mendukung berkembangnya Pemerintah Kota Bandung menyelenggarakan pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hadir pula dalam acara ini Ketua DPRD Kota Bandung, Asep Mulyadi. Ia juga menyampaikan penghargaan kepada PMI atas kontribusinya dalam kemanusiaan.

Asep mengapresiasi para pendonor darah sukarela yang terus memberikan darah mereka tanpa pamrih. Menurutnya, setiap tetes darah yang didonorkan adalah harapan baru bagi mereka yang membutuhkan.

“Setiap tetes darah yang kita donorkan dapat menjadi harapan baru bagi mereka yang berjuang hidup. Semoga langkah kecil hari ini menjadi simbol dari langkah besar untuk terus menebar kebaikan dan menolong sesama,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, dr. Rita Verita menekankan harapan agar acara ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk menjadi pendonor darah sukarela di masa mendatang.

Acara ini juga dimeriahkan dengan hiburan musik dan berbagai doorprize menarik, termasuk hadiah utama berupa sebuah sepeda motor, yang diikuti oleh para peserta yang telah menempuh rute jalan sehat sejauh 6,8 km.

Selain itu, sebanyak 5.000 pendonor aktif turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang juga diselingi dengan penghargaan bagi 100 pendonor yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 75 kali.

Dengan mengusung tema “20 Years of Celebrating Giving: Thank You Blood Donors!”, acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah serta memastikan ketersediaan stok darah yang aman di Kota Bandung.

Burhan .