Berita  

Pemkab Bandung Terima Bantuan Mobil Dapur Umum Lapangan dari BNPB

Pemkab Bandung Sebut Mobil Dapur Lapangan Untuk Pelayanan Kepada Masyarakat Pascabencana

KAB. BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mendapatkan bantuan mobil dapur lapangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (4/10/2024) maam. Bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pascabencana.

Atas bantuan itu, Pjs. Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengucapkan syukur alhamdulillah.

Uka Suska juga atas nama Pemkab Bandung mengucapkan terima kasih kepada BNPB, yang sudah peduli dan memberikan bantuan hibah berupa satu unit mobil dapur lapangan.

“Dengan adanya mobil dapur lapangan ini, tentunya nanti akan digunakan oleh Pemkab Bandung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam upaya penanganan atau pemulihan kebencanaan di Kabupaten Bandung. Selain itu untuk kegiatan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat,” tutur Uka Suska pada keterangannya, Jumat malam.

Uka Suska mengatakan bahwa mobil dapur lapangan ini sangat dibutuhkan Pemkab Bandung untuk penanganan kebencanaan ataupun disaat kondisi darurat. Karena sebelumnya, kata dia, mobil dapur lapangan ini belum dimiliki oleh pemerintah setempat.

“Tentunya dengan kepemilikan mobil dapur lapangan ini menjadi salah satu aset Pemkab Bandung yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan keberadaan mobil dapur lapangan ini sangat relevan dengan kondisi wilayah atau daerah yang rawan dilanda bencana alam gempa bumi, banjir, angin kencang maupun longsor.

“Disaat status tanggap darurat diberlakukan pemerintah, mobil dapur lapangan ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penyediaan logistik persediaan makanan atau kebutuhan pangan lainnya. Semoga kedepannya, mobil dapur lapangan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung,” tuturnya.

Namun yang lebih penting bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bandung, kata Uka Suska, tidak ada lagi terjadi bencana alam. “Semoga masyarakat Kabupaten Bandung tetap aman dan nyaman. Aamiin yra,” katanya.**