Tak Hanya Distribusikan Bantuan Air Bersih, Patroli Genthong Juga Bagikan Ember Gratis

TRENGGALEK | Ada saja upaya jajaran kepolisian satu ini dalam membantu masyarakat terdampak kekeringan di wilayahnya. Sembari menggelar Patroli Genthong yakni sebuah program berbasis kemanusiaan dengan menyalurkan air bersih, petugas nampak juga membagikan ember plastik kepada sejumlah warga. Selasa, (15/10/2024).

Ember plastik berbagai ukuran tersebut sengaja dibagikan gratis kepada warga terdampak tepattnya di desa bendoagung Kecamatan Kampak untuk dimanfaatkan sebagai wadah menampung air dan siimpan di rumah sebagai stok kebutuhan sehari-hari.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Kampak Iptu Henri Agus S, S.Sos. mengatakan, dampak kekeringan ini memang cukup dirasakan oleh masyarakat. untuk mencukupi kebtuhan air sehari-hari, warga banyak mengandalkan dropping air bersih dari pemerintah ataupun relawan.

“Nah, saat bantuan air datang, masyarakat menggunakan alat seadanya untuk menampung dan menyimpan air di rumah. bahkan Sebagian bahkan ada yang memanfaatkan galon maupun wadah cat bekas.” Ujarnya.

Dengan bantuan sosial berupa ember plastik ini setidaknya dapat membantu masyarakat untuk menyimpan air bersih dengan wadah baru yang tentunya lebih bersih. bukan itu saja, ember plastic ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya.

Pihaknya menambahkan, untuk mendukung kegiatan tersebut, pihaknya menyiapkan sedikitnya 50 ember dengan ukuran yang bervariasi. dari yang paling kecil ukuran 14 liter sampai ukuran yang lumayan besar dan bisa menampung air hingga 80 liter.

“Untuk yang ukuran besar kita bagikan khusus bagi masyarakat yang memang dari segi ekonomi kurang mampu dan rumahnya juga berada cukup jauh dari jalan raya atau tempat penampungan air yang telah disediakan. Dengan begitu, bisa menampung untuk kebutuhan.” Imbuhnya.

Bantuan ini pun diisambut antusias warga yang kebetulan turut antri mengisi air dari patroli genthong. Warga merasa bantuan tersebut sangat bermanfaat dan membantu mengingat sampai saat ini dampak kekeringan panjang ini masih sangat dirasakan masyarakat.

“Meski mungkin tak seberapa, kami berharap bantuan ini bisa membantu dan bermanfaat serta membawa berkah untuk kita semua.” Pungkasnya.(ard)