Kapolsek Pekat Gelar Sosialisasi Kenakalan Remaja Di SMAN 2 Pekat.

Global investigasi news.com.Dompu.NTB.

Akhir-akhir ini tingkat kekanalan remaja dan pemuda di wilayah hukum Kabupaten Dompu menunjukan trend yang tinggi, guna meredam hal itu, khususnya di wilayah hukum Polsek Pekat menggelar kegiatan sosialisasi terkait kenakalan remaja di kalangan pelajar yang berlangsung di SMAN 02 Pekat, Desa Doropeti, pada Rabu 15 Oktober 2024 pagi. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WITA dan dipimpin langsung oleh Kapolsek Pekat, IPTU Rahmadun Siswadi, S.H.

Dalam kesempatan tersebut, IPTU Rahmadun menyebutkan, bahwa upaya preventif seperti sosialisasi di sekolah-sekolah merupakan bagian dari langkah menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Kecamatan Pekat khususnya. Salah satu masalah yang menjadi fokus adalah penggunaan knalpot brong (racing) dan tawuran antar pelajar serta terjeremus penggunaan narkotika maupun tindak pidana lain yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

“Kami sering kali menerima keluhan terkait penggunaan knalpot brong yang menyebabkan kebisingan. Dari operasi yang kami lakukan setiap hari, mayoritas pengguna knalpot tersebut berasal dari kalangan pelajar,” ungkap IPTU Rahmadun. Ia pun mengimbau agar para siswa tidak lagi menggunakan knalpot brong karena selain melanggar aturan, juga dapat mengganggu ketertiban umum masyarakat.

Selain itu, Kapolsek Pekat juga menyoroti penggunaan Handphone (HP) di kalangan pelajar yang kerap kali digunakan untuk tindakan kriminalitas, seperti judi online dan penyebaran berita hoax. Ia mengingatkan agar para siswa lebih bijak dalam menggunakan teknologi di gitial atau dunia maya, imbuhnya.

Yang tak kalah penting juga, IPTU Rahmadun mengajak para pelajar untuk menjauhi pergaulan bebas, tawuran antar pelajar, dan penyalahgunaan narkoba, hal itu selain merugikan diri sendiri maupun masyarakat lainya.

“Kami berharap para siswa-siswi dapat menjadi generasi yang cerdas dan berprestasi tanpa terjerumus dalam kenakalan remaja yang merugikan diri sendiri dan orang lain,” tegasnya.

Ia berharap kepada para siswa/ pelajar agar dapat belajar dengan rajin dan bentengi diri dari hal- hal yang merugikan masa depannya dan lindungi diri perbuatan yang melanggar hukum, pinta Kapolsek dengan serius.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung hingga pukul 10.00 WITA dan berjalan dengan aman serta lancar. Para siswa terlihat antusias mengikuti acara dan mendengarkan arahan dari pihak kepolisian.

Melalui sosialisasi semacam ini, Polsek Pekat berharap dapat mengurangi kasus-kasus kenakalan remaja yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas di wilayah Pekat, tandasnya.

Kegiatan sosialisasi tentang kenakalan remaja di kalangan pelajar SMAN I Pekat berlangsung aman dan lancar, pungkas Kapolsek Pekat via Kasi humas Polres Dompu. Jurnalis, Rdw/ddo.