Berita  

FESTIVAL TERNAK DOMBA KAMBING KEMBALI DIGELARPEMERINTAH KABUPATEN BOGOR

Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menggelar agenda rutin tahunan yaitu Festival Ternak Domba Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut (SKDG) Tingkat Kabupaten Tahun 2024. Kegiatan digelar di Lapangan panahan Stadion Pakansari Cibinong, Sabtu-Minggu (12-13 Oktober 2024).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengintegrasikan peternakan dengan budaya dan pariwisata di Kabupaten Bogor. Sebanyak 150 ekor ternak Domba dan Kambing dan 400 peserta SKDG dari berbagai daerah turut memeriahkan kegiatan ini

PJ. Bupati Bogor, Bachril Bakri dalam sambutannya menyampaikan “Kegiatan ini sejalan dengan slogan Kabupaten Bogor Sport and Tourism, menjadikan pariwisata seni dan budaya sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian daerah. Tentunya kami, Kabupaten Bogor akan terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk peternakan Kabupaten Bogor melalui peningkatan produktivitas dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha peternakan”.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Nurhayati menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai upaya pelestarian sumberdaya genetik lokal seperti domba garut dan kambing etawa untuk menghasilkan bibit unggul dalam pemenuhan produksi pangan. Selain itu acara ini digelar untuk memotivasi para peternak untuk menghasilkan bibit unggul. “Penekanan acara ini adalah mempromosikan potensi peternakan di Kabupaten Bogor baik dalam aspek produksi maupun pariwisata” imbuhnya.

Festival Ternak Domba Garut dan Kambing ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dengan pemangku Kepentingan terkait. Selain dihadiri oleh pejabat setempat dan pejabat Propinsi Jawa Barat, turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Teten Masduki), Ketum DPP HPDKI (Yudi Guntara), dan Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai tokoh nasional pemerhati peternakan. ***