Program Maritimepreneur Pelindo Dorong UMKM Naik Kelas

Medan – Untuk mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 1 mengadakan Program Maritimepreneur bagi para pelaku UMKM di wilayah Medan, khususnya Belawan.

Rangkaian Program Maritimepreneur diawali dengan seminar “Wujudkan UMKM Naik Kelas” yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2024, bertempat di Grha Pelindo Belawan. Program ini juga bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan serta Baitulmaal Muamalat (BMM).

Seminar “Wujudkan UMKM Naik Kelas” diikuti oleh 50 orang calon dan mitra binaan Pelindo Regional 1.

Acara ini juga menghadirkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan serta owner UMMU Risol, salah satu UMKM Medan yang telah sukses di bidang usaha kuliner.

Program Maritimepreneur Pelindo Regional 1 mendorong mewujudkan UMKM naik kelas dengan memberikan bantuan kepada pelaku UMKM dalam mengurus dokumen perizinan atau sertifikat usaha yang dibutuhkan serta pelatihan keahlian dan kompetensi dalam manajerial usaha. Selain itu, juga dilakukan kurasi produk UMKM, dimana produk yang lolos kurasi akan dibantu pemasaran oleh Pelindo.

Regional Division Head Pelayanan SDM dan Umum Regional 1 Kasih Dwi Yanti menyampaikan bahwa program ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo di bidang Pengembangan Ekonomi dan UMK. “Melalui Program Maritemeprenuer ini Pelindo hadir mendukung para pelaku UMKM.

Dengan bantuan pengurusan perizinan, pelatihan kompetensi, dan pemasara kami harapkan usaha makin berkembang dan meningkatkan kesejahteraan para UMKM. Bersama kita wujudkan UMKM naik kelas”. Demikian disampaikan Kasih Dwi Yanti pada acara pembukaan seminar.
(LP Sitinjak)