Dialog Publik, KPUD Kota Palopo dan Bhayangkari Berperan Edukasi Pemilih dan Cegah Politik Uang Pada Pilkada 2024

PALOPO.Global Investigasi News – KPU Kota Palopo melaksanakan Dialog Pilkada Serentak Tahun 2024 bersama Bhayangkari Cabang Palopo dengan tema “Peran Bhayangkari dalam Mendukung Tahapan Pilkada 2024.”

Kegiatan ini berlangsung di Aula Tantya Sudirajati Polres Palopo, Jalan Opu Tosappaile No. 62, Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo, pada Sabtu, 26 Oktober 2024.

Dialog ini dibuka oleh Ketua Komisioner KPU Kota Palopo, Irwandi Djumadin, dan dihadiri oleh Bhayangkari Polres Palopo.

Acara ini merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, serta Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2022 mengenai Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan.

Ketua Komisioner KPU Kota Palopo ,Irwandi Djumadin berharap Bhayangkari Polres Palopo dapat menjadi pelopor dalam mendekati masyarakat dan memberikan edukasi tentang penggunaan hak pilih yang baik, tanpa terpengaruh oleh politik uang, serta memilih pemimpin yang berkualitas.
Ia menegaskan bahwa memilih pemimpin yang hanya mementingkan materi dapat mengakibatkan kemiskinan berlanjut.

“Kita semua harus menyadari pentingnya memerangi politik uang dan menciptakan Pilkada yang aman, lancar, damai, dan berkualitas,” pungkas Irwandi Djumadin.

Pada kesempatan yang sama ,Ketua Bhayangkari Cabang Palopo, Ny. Nadia Safi’i, menekankan bahwa dukungan moral dan peran aktif Bhayangkari sangat penting untuk membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan selama proses Pilkada.

“Suport sistem dari Bhayangkari bukan hanya pada keluarga, tetapi juga pada tugas kepolisian dalam menjaga kondusifitas saat Pilkada, ini penting bagi keberhasilan pesta demokrasi yang aman dan damai,” ujar Ny. Nadia Safi’i ( Fredi )