Kodim 1620/Loteng Masuk Sekolah Memperkenalkan Matematika Dasar Metode Gasing TNI

Lombok Tengah Globalinvestigasinews Com – Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan, TNI Kodim 1620/Loteng bekerja sama dengan sekolah-sekolah di wilayah Lombok Tengah memperkenalkan metode pembelajaran matematika dasar Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (Gasing) kepada para siswa dan Masyarakat.

Program ini bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep matematika secara mudah dan menyenangkan, sekaligus mempererat hubungan TNI dengan masyarakat dan sekolah melalui kegiatan edukatif tepat dan cepat.

Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara Melalui Danramil 07/Batukliang menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam membantu siswa sekolah dasar agar lebih mudah dan paham dalam mengatasi kesulitan belajar matematika.

“Metode Gasing ini sangat efektif karena menekankan pada latihan yang berulang secara menyenangkan, sehingga anak-anak bisa memahami konsep matematika dengan cepat dan tanpa rasa takut,” ujar Kapten Inf Yuni saat hadir sebagai pembimbing di SDN 2 Selebung Sabtu, (26/10/2024).

Dalam kegiatan ini, para anggota TNI Koramil 07/Batukliang secara langsung berperan sebagai pengajar, mendampingi siswa dalam mempelajari operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang sangat mudah dan efektif.

“Selain itu, metode Gasing ini juga melibatkan permainan edukatif seperti senam gasing untuk memotivasi siswa agar lebih aktif dan antusias belajar,” terangnya.

Sejumlah sekolah yang terlibat menyambut baik inisiatif ini. Kepala Sekolah SDN 2 Selebung Lalu Wahyu mengatakan bahwa program ini membawa suasana baru dalam proses belajar-mengajar baik dilapangan maupun di kelas.

“Biasanya, siswa kesulitan memahami matematika. Dengan metode Gasing, mereka terlihat lebih bersemangat dan percaya diri,” ungkap.

Kegiatan ini sejalan dengan misi TNI untuk terus berkontribusi dalam pembangunan nasional, tidak hanya di bidang keamanan, tetapi juga di sektor pendidikan dalam membantu setiap program pemerintah demi kemajuan nasional.

“Diharapkan, program ini dapat meningkatkan prestasi siswa di Lombok Tengah serta memupuk semangat belajar mereka sejak dini secara mandiri maupun bimbingan orang tua,” jelasnya.

Selain kepada siswa, pengenalan metode Gasing oleh TNI juga di berikan kepada para wali murid sebagai bentuk pembekalan awal agar bisa memberikan bimbing kepada anak anak dalam belajar matematika ketika berada dirumah.

“Kodim 1620/Loteng akan terus berkomitmen untuk melanjutkan program serupa ke sekolah-sekolah lain di wilayah Lombok Tengah dan terus berkolaborasi dengan para pendidik dalam menciptakan generasi muda yang cerdas dan kompeten,” tandasnya.(GIN NTB)