Berita  

Ribuan Santri MTs Negeri 1 Pati Meriahkan HSN Dengan Gelar Kreativitas

Pati – Jawa Tengah
Hari Santri Nasional (HSN) 2024 yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober diperingati MTsN 1 Pati dengan menggelar apel pada Selasa (22/10). Kegiatan yang diikuti seluruh siswa, guru, dan pegawai ini berlangsung di halaman madrasah dengan penuh khidmat.

Bertindak sebagai Pembina apel, Asmonah, yang juga Wakil Kepala Madrasah Bidang Kehumasan membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Dalam sambutan Menag, disampaikan oleh Asmonah bahwa HSN sebagai momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.7
“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap penjajah,” ujarnya.

Dengan mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” pada peringatan Hari Santri tahun 2024, Menag menegaskan, santri masa kini memiliki tugas untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu.
“Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik,” sambungnya.

Lebih lanjut disampaikan Asmonah, Menag juga menegaskan bahwa Hari Santri tidak hanya milik santri dan pesantren saja akan tetapi milik seluruh elemen bangsa yang mencintai NKRI.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa, apa pun latarbelakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri,” ajak Menag.

Sebelumnya, peringatan HSN 2024 di MTsN 1 Pati di awali dengan Khotmil Quran sesuai edaran dari Kemanag Kabupaten Pati.

“Alhamdulillah, kegiatan selama dua hari ini berjalan dengan lancar. Khotmil Quran dan apel diikuti seluruh warga madrasah dengan antusias. Semoga dengan amanat yang disampaikan oleh Pak Menag di dalam apel tadi dapat diterima, diresapi, dan dijalankan oleh siswa, sehingga benar-benar bisa mewujudkan dari harapan beliau dan bangsa Indonesia,” harap Wahyu Hidayat, Kepala MTsN 1 Pati.

Di samping itu, MTsN 1 Pati juga mengadakan berbagai lomba dan kegiatan peningkatan kompetensi santri yang menarik untuk memeriahkan Bulan Bahasa sekaligus Sumpah Pemuda yang sama-sama diperingati di bulan Oktober. Mulai dari workshop jurnalistik, kemah santri, lomba pidato empat bahasa, perkusi, dan tari javen.
“Selamat mengikuti berbagai kegiatan lomba anak-anakku. Ini adalah kesempatan untuk mengembangkan potensi kalian mencapai Madrasah Maju Bermutu Mendunia

MTsN 1 Pati Berkarakter, Kerren dan Anggun ( Madrasah Adiwiyata, Unggulan Akademik dan Riset ). ,” pesan Wahyu.

(humas_mtsn1pati)