Kodim 1620/Loteng Gelar Upacara HUT Sumpah Pemuda ke-96 Tahun 2024

Lombok Tengah Globalinvestigasinews Com – Kodim 1620/Lombok Tengah menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024, di lapangan sederhana Makodim, Senin (28/10/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Perwira dan anggota jajaran Kodim 1620/Loteng serta PNS yang bertemakan “Maju Bersama Indonesia Raya”, sebagai wujud untuk menguatkan kesadaran dan karakter prajurit dalam memaknai sumpah pemuda.

Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara saat memimpin upacara menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga menekankan bahwa, Peristiwa sumpah pemuda tahun 1928 adalah sebuah peristiwa di mana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia.

“Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 ini harus selalu didengung – dengungkan berkali-kali disetiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter kita bangsa Indonesia,” ujarnya.

Namun dalam menghapi berbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat, bisa menjadikan kekuatan bangsa terdegradasi hingga melemahkan daya kekuatan bangsa Indonesia untuk menjaga eksistensi kebangsaan Indoneisa secara lestari.

“Pemuda adalah pilar utama masa depan Indonesia. Sumpah Pemuda mengajarkan kita tentang makna persatuan, yang tetap relevan hingga saat ini. Mari terus berkolaborasi untuk mewujudkan target Pembangunan jangka panjang 2045,” ucapnya.

“Semoga semangat Sumpah Pemuda terus menjadi inspirasi bagi kita semua untuk bersinergi membangun bangsa,” tandasnya.(Kamto GIN NTB)