Polres Lampung Selatan Kawal Logistik Pilkada 2024 Hingga Gudang KPUD

Lampung Selatan – Logistik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Lampung Selatan tiba di Pelabuhan Bakauheni dengan pengamanan ketat. Selain Lampung Selatan, logistik ini mencakup kebutuhan Pilkada untuk kabupaten/kota lainnya di Provinsi Lampung. Pengawalan langsung oleh pihak kepolisian dan instansi terkait dilakukan untuk menjamin keamanan dan kelancaran distribusi logistik hingga ke gudang Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Selatan.

Kompol Tangguh Satya Buana, Karendal Operasi Mantap Praja Polres Lampung Selatan, menjelaskan bahwa kendaraan pembawa logistik Lampung Selatan tiba di Pelabuhan Bakauheni bersama logistik kabupaten/kota lainnya pada Minggu, 28 Oktober 2024, pukul 21.45 WIB.

“Ada tujuh kendaraan yang membawa logistik Pilkada untuk seluruh kabupaten/kota di Lampung. Logistik Lampung Selatan dan Pesawaran diangkut dalam satu kendaraan” jelasnya.

Kendaraan yang membawa logistik Lampung Selatan dan Pesawaran dikawal oleh personel Polres Lampung Selatan, Bawaslu dan dengan satu personel Brimob yang melekat pada kendaraan. Enam kendaraan lainnya dikawal oleh Ditlantas Polda Lampung, Brimobda, petugas KPUD dan Bawaslu Provinsi langsung menuju tujuan masing-masing di kabupaten/kota lainnya.

Truk kontainer bernomor polisi B 9357 FXX, yang membawa logistik untuk Lampung Selatan dan Pesawaran, tiba di Gudang KPUD Lampung Selatan pukul 23.45 WIB. Setelah diperiksa dan dinyatakan aman, dilakukan penurunan sebanyak 136 kotak surat suara Pemilihan Gubernur (kertas putih) dan 136 kotak surat suara Pemilihan Bupati (kertas pink) oleh lima pekerja, dengan pengawasan dari petugas KPUD, Bawaslu, Polri, dan media.

Setelah selesai, truk melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pesawaran dengan pengawalan personel Polres Pesawaran yang datang menjemput bersama petugas KPUD dan Bawaslu Pesawaran pukul 00.45 WIB. Gudang KPUD Lampung Selatan kemudian ditutup dan dikunci, disaksikan oleh petugas jaga.
(Didi)