Komsos Bersama Warga Babinsa Mensosialisasikan dan Pendataan Komponen Cadangan 

PEKANBARU -Global Investigasi News.Com, Komponen Cadangan (Komcad) adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama (TNI) yang mobilisasinya atas perintah Presiden dengan persetujuan DPR RI.

Komcad sendiri dibagi menjadi 4 bagian yaitu Komcad sumber daya manusia, Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan serta Komcad sarana dan
prasarana. Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimamfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat.

Terkait hal itu jajaran Kodim 0301/PBR mengerahkan Babinsa jajarannya untuk mensosialisasikan program komponen cadangan (komcad) kepada masyarakat di wilayah teritorialnya.

Seperti yang tampak dilaksanakan Babinsa Kel. Air Hitam Koramil 03/Senapelan Kodim 0301/Pekanbaru Sertu Jamil Candra melalui sarana komsos dirinya memberikan sosialisasi terkait perekrutan komcad kepada warga di wilayah binaan, Rabu (1/2/23).

Dirinya menyampaikan bahwa komcad ini merupakan program yang terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 18 sampai 35 tahun, yang secara sukarela ingin menjadi tentara cadangan.

“Bagi masyarakat diperbolehkan untuk mendaftar menjadi komcad di Koramil setempat dengan batas usia 18-35 tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sertu Jamil Candra mengatakan, untuk menjadi calon komcad harus melalui seleksi dengan syarat harus sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki catatan kriminal, setelah dinyatakan lulus dalam seleksi, calon komcad wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan.

“Jadi selama mengikuti pelatihan, calon komcad berhak memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, serta pelindungan jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran,” terangnya.(lbs)