Dua Anggota Koramil 04/Lph Komsos Bersama Warga Sosialisasikan Komcad di Kel. Rintis

PEKANBARU -Global Investigasi News.Com, Serda Budi Setiawan dan Serda Suparyono Babinsa Koramil 04/Limapuluh Kodim 0301/Pbr melaksanakan Komsos sekaligus Sosialisasi Komcad di Kel. KRintis  Kec. Limapuluh Kota Pekanbaru,Senin  (6/2/23).

Serda Budi Setiawan menjelaskan,
sistem pertahanan kita adalah sistem pertahanan rakyat semesta. Dimana kekuatan pertahanan yang paling terakhir adalah seluruh rakyat yang merupakan komponen cadangan (Komcad).

Yang tugas Komcad apabila terjadi gangguan di bidang ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya dan pertahanan maka komponen cadangan ini yang bergerak.

“Syarat menjadi calon Komcad ini pun juga mudah yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI, berusia 18 sampai dengan 35 tahun, kemudian sehat jasmani dan rohani, selanjutnya tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh pihak kepolisian,” kata Serda Budi Setiawan.

Serda Budi Setiawan menambahkan  Setelah proses seleksi, para rekrutmen Komcad ini akan menjalani latihan dasar militer, dimana saat mengikuti latihan ini akan diberikan uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Pembentukan Komcad ini tujuannya adalah untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam hal ini TNI untuk menghadapi segala bentuk ancaman militer maupun non militer guna mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa,” tutupnya. (lbs)