Pemdes Leuwidamar Gelar Musrenbang Des Program RKPD Kab. Lebak Tahun 2023

Lebak-Banten, Globalinvestigasinews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Leuwidamar, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Lebak tahun 2024 Tingkat Desa, bertempat di Kantor Desa Leuwidamar, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten,(19/23).

Nampak hadir dalam kegiatan itu, Tim Pembina dari Kecamatan Leuwidamar, Kepala Desa Leuwidamar Edi Suryadi, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Para Kepala Sekolah, Lembaga Desa Leuwidamar, Tokoh masyarakat, Tokoh agama dan para ketua RT dan Rw se-Desa Leuwidamar, serta di ikuti oleh perwakilan masyarakat Desa Leuwidamar.

Setelah selesai diskusi kelompok, maka muncul lah beberapa usulan prioritas, antara lain; HMD, dan Coor Jalan poros Desa. Dari Lebak Gedong sampai batas Desa Cibungur, RTLH, Jembatan Gelegar besi permanen, perternakan, perikanan, sarana pertanian, rehab sekolah, embung dan lain – lain.

Disampaikan Kepala Desa Leuwidamar Edi Suryadi,
“Kegiatan ini, merupakan implementasi dari Undang Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” Ungkapnya.

“Dimana, sebagai Pemerintahan Desa diwajibkan untuk mempersiapkan rancangan awal rencana pembangunan, rencana kerja, serta musyawarah perencanaan pembangunan, selanjutnya disampaikan di tingkat kecamatan dan diteruskan ke tingkat kabupaten, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lebak,” Terang Edi.

Ia juga menjelaskan,
“Dalam sebuah perencanaan, harus berdasarkan atas kebutuhan skala prioritas, sehingga apa yang masuk dalam perencanaan bisa benar – benar dirasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Desa Leuwidamar,” Papar Edi.

“Pentingnya kebersamaan, sinergitas dari seluruh pihak untuk bersama – sama berupaya demi kemajuan Desa. Masukan dari berbagai unsur merupakan hal yang harus diserap untuk menjalankan roda pemerintahan, agar bisa berjalan sesuai dengan visi misi dan harapan masyarakat Desa Leuwidamar,” Lanjut Edi.

Edi menambahkan,
“Kegiatan Musrenbang ini, akan di tindaklanjuti di Musrenbang tingkat Kecamatan. Semoga apa yang kita usulkan di tahun anggaran 2024, bisa terkabulkan sesuai harapan,” Pungkas orang nomor satu di Desa Leuwidamar.

(Alfian)