Kemeriahan Ikhtifalan di MI Diniyah Ta’miliyah Nurul Hidayah Girimukti, Kecamatan Cimarga

Lebak-Banten, Gintvnews.com – Sudah menjadi tradisi tersendiri, bagi sekolah pendidikan dasar agama Islam, atau yang lebih akrab disapa dengan sebutan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Diniyah Ta’miliyah, dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, diadakannya acara Ikhtifalan atau Naswir.

Ikhtifalan yang di gelar oleh MI Diniyah Ta’miliyah Nurul Hidayah ini, di adakan pada hari Minggu malam Senin, tanggal 19 Maret 2023, mulai dari pukul 20:00 wib s/d selesai.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI)Diniyah Ta’miliyah Nurul Hidayah, Ustadz R. Suanta melalui Ustadzah Yati Nurhayati mengatakan,
“Acara Ikhtifalan atau Naswir ini, bertujuan untuk melatih mental siswa – siswi dihadapan khalayak ramai, dan untuk mengetahui sejauh mana siswa – siswi ini, menyerap ilmu pelajaran yang telah di ajarkan oleh ustadz atau ustadzahnya di sekolah”. Ungkapnya.

Ustadzah Yati Nurhayati juga menerangkan,
“Bahwa, siswa – siswi yang mengikuti Ikhtifalan ini, berjumlah 120 dari kelas 1A sampai dengan kelas 4”.Bebernya.

Ustadzah Yati Nurhayati juga menjelaskan,
“Tenaga Pengajar atau Ustadz Ustadzahnya, di MI Diniyah Ta’miliyah Nurul Hidayah ini, berjumlah 8 orang, diantaranya 1(satu) Ustadz dan 7 Ustadzah,” Lanjutnya.

Acara Ikhtifalan ini, di adakan di halaman Madrasah Ibtidaiyah (MI) Diniyah Ta’miliyah Nurul Hidayah, Kp.Babakan Desa Girimukti Kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Selain Naswir, acara Ikhtifalan juga di meriahkan dengan, penampilan siswa – siswi MI ini, diantaranya pertunjukan tari dan Qosidah.

Kemeriahan acara Ikhtifalan ini, sangat terlihat dengan begitu banyaknya pengunjung yang datang, selain dari wali murid, tak lain karena ingin menyaksikan putra – putri, atau sanak saudaranya saat naik panggung memberikan performa terbaiknya, acara pun tambah meriah lagi dengan sorak – sorai penonton, ketika ada siswa atau siswinya yang tidak hafal, atau istilahnya mogok saat Naswir, bahkan tidak sedikit yang nangis karena malu, hal demikian sangat lumrah terjadi, karena biasanya siswa – siswi ini masih usia dini, namun demikian tetap berjalan lancar dan kondusif.

(Amanah)