“DESA CINAGARA KECAMATAN LEBAKWANGI SENANTIASA MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN DUA ARAH (Pembangunan Fisik Material dan Mental Spiritual) ?!”

Kuningan, Ginews TV
Pelaksanaan pembangunan yang dikemudikan lewat kepemimpinan Tarya Sumantri, merupakan pembangunan integral dalam arti pembangunan fisik material maupun spiritual, pendek kata pembangunan yang ada di Desa Cinagara Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan adalah membangun manusia seutuhnya agar memperoleh kesejahteraan dalam segala wujudnya. Orangnya memiliki tampang pendiam, sedikit bicara namun banyak bekerja dan juga dikenal sebagai sosok yang rendah hati.
Tarya Sumantri dalam memangku tugas dan jabatan selaku kepala Desa Cinagara selalu mengupayakan dirinya menjadi pemimpin rakyat untuk mengemban amanat, dan berupaya untuk terus melakukan pembelaan terhadap kepentingan seluruh warga tanpa terkecuali.

Kades Tarya Sumantri yang berduet khususnya dengan Kasie Kesejahteraan Tata Taruna, dalam memberikan pelayanan senantiasa melayani dengan prima dan mengutamakan kepentingan masyarakat Desa Cinagara di atas kepentingan pribadi maupun golongan. Tujuan beliau tiada lain untuk memajukan Desa Cinagara ke arah yang lebih baik dan mensejahterakan masyarakat Desa Cinagara dengan adil dan merata.
Kepemimpinan kepala desa yang menjadi narasi singkat penting ini merupakan wujud kepemimpinan yang sedikit bicara namun banyak bertindak demi kepentingan warganya tanpa terkecuali.

Kasie Kesejahteraan Tata Taruna kepiawaiannya dalam mengemban tugas sudah tidak diragukan lagi. Semua program yang berkaitan untuk kepentingan masyarakat desanya berjalan dengan mulus, nyaris tidak ada hambatan yang berarti. Kasie Kesejahteraan Tata Taruna adalah orang yang pandai bermasyarakat dan selalu berupaya menggugah warga desa agar mampu berpartisipasi aktif dalam segala wujud dan manifestasi pembangunan.

Bagi Kades Tarya Sumantri dan Tata Taruna jabatan adalah amanah yang harus ditunaikan, oleh karena itu baginya tidak boleh dikotori dan ditaburi oleh perilaku yang buruk, baginya menjadi kades merupakan kapling pengabdian. Disini dia bisa melakukan tugas kemanusiaan sesuai dengan keyakinan yang dimiliki.

“Sebagai Kasie Kesejahteraan, saya ingin berupaya memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Sosok Tata Taruna dapat menggugah kesadaran warga membangun desanya, memimpin dengan tidak mengenal lelah untuk menggugah kesadaran warganya agar mampu berprestasi pada setiap program pembangunan yang ada, orangnya sederhana dan pendiam, sedikit bicara, banyak bekerja, dia selalu rendah hati dan ramah tamah, tetapi kepemimpinannya sebagai kepala desa tergolong memimpin secara piawai.

Tarya Sumantri selalu memperhatikan pembangunan dua arah, yang dimaksud adalah pembangunan fisik material dan pembangunan mental spiritual. Beliau dikenal sosok baik hati, sederhana, tegas dan berwibawa. Kepemimpinannya yang merakyat dan meaksankan pembelaan terhadap kepentingan warga desanya.
Tarya Sumantri dan Tata Taruna perlu diberikan apresiasi oleh warga desa serta perlu diacungkan jempol. Sebagai pengabdi masyarakat mereka berupaya mensejahterakan masyarakat salah satunya melanjutkan pembangunan infrastruktur maupun pembangunan pemberdayaan masyarakat. (Idi Rasyidi – Rajak)