Koramil 04/Lph Hadiri Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Pendataan Awal Regsosek

PEKANBARU -Global Investigasi News.Com, Kelurahan Sialang Sakti melakukan pendataan penduduk,
Kegiatan tersebut dilaksanakan dikantor lurah Sialang Sakti pada hari Jum’at (19/5/2023).Pendataan ini sebagai langkah untuk Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yakni “Satu Data Program Perlindungan Sosial dan pemberdayaan masyarakat.Dalam kegiatan ini kelurahan akan mendata ulang secara menyeluruh masyarakat yang ada dikelurahan.

Turut hadir dalam kegiatan Regsosek tersebut Lurah Sialang Sakti ,Babinsa Sialang Sakti ,Bhabinkamtibmas, Asisten fasilitator 1, Asisten fasilitator 2, Administrator, Ketua forum RT/ RW Kelurahan Sialang Sakti ,Ketua RT / RW sekelurahan Sialang Sakti serta tokoh tokoh masyarakat.

Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan.

Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih, dan lebih efisien.

Data Regsosek dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, hingga administrasi kependudukan.Agar data tersebut bisa bermanfaat maka perlu dilakukan pendataan ulang.

Menurut Sertu Karjo, Regsosek adalah sebuah program pemerintah yang bertujuan untu menyatukan semua data kependudukan.Agar nantinya data dari seluruh masyarakat  menjadi tunggal tampa tumpang tindih.

“Kebenaran data dan validitas data ini jangan ditambah dan dikurangi berikan apa adanya sesuai dengan kondisi riil di lapangan jadi paling tidak kita bisa meminimalisir terjadinya duplikasi penerima bantuan.”

“Babinsa juga harus selalu hadir sebagai bentuk kehadiran TNI AD di setiap Instansi dan kegiatan masyarakat,karena Babinsa adalah ujung tombak Koramil yang berhubungan langsung dengan masyarakat,serta sebagai dasar awal kebijakan pimpinan TNI AD dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang lebih baik dalam mewujudkan TNI sebagai Pelindung dan hadir dalam setiap kesulitan masyarakat serta selalu bisa berperan aktif dalam pembinaan teritorial.”pungkas Sertu Karjo.(lbs)