Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila di SDN 180 Pekanbaru 

PEKANBARU -Global Investigasi News.Com, Anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Sail Kodim 0301/PBR melaksanakan kegiatan Sosialisasi Nilai-Nilai Pancasila, dan bela negara kepada guru dan siswa siswi SDN 180 di  jalan Wara Wiri Kel Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukitraya,Selasa (23/05/23).

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SDN 180 menyampaikan ucapan selamat datang di SDN 180 dan ucapan terima kasih karena telah bersedia datang untuk memberikan sosialisasi nilai-nilai Pancasila kepada siswa-siswi.

“Kami menyambut baik kedatangan Anggota Koramil 05/Sail Kami siap mendengarkan, menerima dan melaksanakan apapun yang berkaitan dengan kepentingan negara dan yang berhubungan dengan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang baik,” ucapnya.

Salah seorang anggota Babinsa Serda Delfian yang menjadi narasumber  menyampaikan sosialisasi dilaksanakan karena dilatar belakangi banyaknya siswa yang masih belum mengerti tentang pentingnya mempelajari Pancasila.

“Kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar siswa-siswi dapat menerapkan dan menanamkan  nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mengingat Pancasila adalah Dasar Negara Indonesia,” ujarnya.

Serda Delfian menjelaskan negara Indonesia merupakan negara yang bersifat multikultural, hal tersebut terbukti dengan banyaknya ragam suku, ras, agama, serta aneka budaya yang ada di dalamnya. “Banyaknya ragam budaya ini tercermin dalam semboyan Pancasila yakni Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua,” jelasnya.

Pancasila sebagai dasar Negara menurut Serda Delfian, harus mampu menjadi jiwa bagi setiap perilaku pribadi-pribadi bangsa dan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini, Bangsa Indonesia akan lebih kuat dan tangguh dalam menghadapi permasalahan.

“Oleh karena itu perlu diwujudkannya Pancasila dalam hidup bermasyarakat untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermartabat dan berbudaya tinggi. Hal inilah yang diharapkan dapat diterapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.(lbs)