Babinsa Sialang Sakti Sertu Karjo Lestarikan Nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika di Kampung Pancasila

 37 total views,  1 views today

PEKANBARU -Global Investigasi News.Com, Babinsa Sialang Sakti Sertu Karjo Koramil 04/Limapuluh Kodim 0301/PBR melaksanakan kegiatan Komunikasi sosial (Komsos) di “Kampung Pancasila”, yang bertempat di jl.hangtuah ,RT 01 RW 01 kelurahan Sialang sakti kecamatan tenayan Raya Pekanbaru .Sabtu (17/06/23).

Adapun yang dibahas tentang memberikan sosialisasi tentang pentingnya perbedaan, Suku, Ras, dan Agama, selain itu menjelaskan buti butir pengamalan Pancasila, serta menanamkan tentang rasa kebangsaan, nasionalisme, persatuan dan kesatuan dengan pedoman ” Bhineka Tunggal Ika”

Kegiatan komsos ini sebagai bukti kepedulian Babinsa terhadap warga binaannya dengan tujuan untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Babinsa Seru Karjo mengatakan, Kampung Pancasila harus dijaga kelestariannya sebagi aset dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan dengan menjadikan perbedaan sebagai pemersatu bukan perbedaan dijadikan suatu perpecahan.

“Indonesia merupakan negara majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, budaya dan ras sehingga ditengah kemajemukan itu bangsa Indonesia harus bisa hidup rukun dalam suasana toleransi dan penuh persaudaraan,” ucapnya.

Dengan adanya Kampung Pancasila ini diharapkan menjadi pemicu dalam meningkatkan kegiatan positif yaitu dengan melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila sehingga kerukunan hidup selalu terjaga, pungkas Babinsa Sertu Karjo.

Sementara Danramil 04/Lima puluh Kapten inf Turba Marpaung  mengungkapkan kegiatan komsos yang dilakukan oleh salah seorang Babinsanya itu merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. 

“Sebagai Babinsa kegiatan komsos merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan dalam tugas sehari-hari, karena dengan melakukan komsos tentu akan terjalin kedekatan dengan masyarakat sehingga dapat dilakukan deteksi dini dan cegah dini apabila terdapat permasalahan yang ada di masyarakat,” jelas Danramil.(lbs)