Kades Bukit Cermin Hilir Meminta Normalisasi dan Bronjong

SUMUT SERGAI, Ginewstv Investigasi.com. Kepala Desa bukit cermin hilir, Sumarji meminta kepada pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumatera Utara II, agar segera normalisasi dan bronjong sungai sibarau yang ada di Desa Bukit Cermin Hilir. Selasa (20/06/2023).

Warga yang tinggal di sepanjang sungai Sibarau terutama di Desa Bukit Cermin Hilir Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. mengharapkan bronjong, supaya erosi tak semakin mengancam permukiman Desa tersebut.

Kepala Desa Bukit Cermin Hilir, Sumarji mengatakan, erosi kian meluas bahkan tanaman ubi/singkong sudah banyak yang rusak, akibat digerus air terutama pada saat arus deras musim hujan. Jika dibiarkan tanpa upaya pencegahan maka semakin luas kebun masyarakat yang rusak. Termasuk rumah warga juga semakin terancam pengikisan air sungai tersebut.

Masyarakat di desa pedalaman Kecamatan Dolok Masihul ini sangat mengharapkan pemerintah Provinsi Sumatera Utara membangun bronjong untuk mencegah terjadinya Pengikisan terus-menerus.

Lanjut Kepala Desa Sumarji, mengharapkan pemerintah Provinsi Sumatera Utara II, melalui dinas terkait bertindak cepat guna mencegah semakin besarnya kerugian masyarakat hasil tanaman sawit dan singkong seluas 300 H², Dari jumlah 367 KK, yang terdampak banjir 122 KK, itu terjadi di dusun I dan II. Kejadian tersebut pada tanggal 19,20,21 selama 3 (tiga) hari berturut turut di bulan Desember tahun 2022.

Yang turut hadir Pada saat banjir tersebut, Bupati Serdang Bedagai, Petugas Puskesmas, Babinsa, Babinkamtibmas, serta dinas terkait. bantuan seperti sembako, tenda, sampan karet 1 unit, pemberian, dari pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai. dan di berikan ke desa Bukit Cermin Hilir untuk yang terdampak banjir. Beruntung saja korban jiwa tidk ada, dan Penanganan sementara kita ungsikan, seperti masyarakat yang terdampak banjir tersebut, dan sempat juga pihak BWS Sumatera II hadir untuk meninjau lokasi sebanyak 3 kali, namun sampai saat ini belum juga terealisasikan.”tambah kades.

Kades Sumarji sangat berharap, Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumatera Utara, Segera membangun bronjong. sebagaimana yang di harapkan masyarakat Desa Bukit Cermin Hilir dapat dikategorikan sebagai tanggap darurat yang pelaksanaan di lapangan dapat dilaksanakan. (MY.Nasution)