Menjadi Super UMKM yang Madani dan Berdaya Bersama The Gade Preneur Space Pegadaian Lampung.

Lampung
GinewstvInvestigasi.com Indonesia – Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pegadaian Wilayah Lampung tahun 2023 menargetkan pengembangan UMKM diLampung, pegadaian berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjadikan Super UMKM yang Madani dan Berdaya melalui program “The Gade Preneur Space”.

Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan UMKM di Propinsi Lampung melalui program inkubator bisnis, dalam menjalankan kegiatan tersebut Pegadaian berkolaborasi dengan Inkubator Siger Innovation Hub.

Program “The Gade Preneur Space” berlangsung dari bulan Agustus sampai Desember 2023, Pegadaian dan Siger Innovation Hub telah melakukan open recruitment tenant UMKM dari tanggal 1 – 7 September 2023. CEO Siger Innovation Hub Ikhwan Ferdian dan Tim melakukan kurasi calon tenant binaan.

“Ada 183 calon tenant pendaftar pada kegiatan ini, 83 diantaranya mengikuti seleksi online dan offline. Hasil kurasi kita diskusikan dengan tim Pegadaian dan terpilih 30 tenant. 18 Tenant F&B, 9 Tenat Kriya dan 3 Tenant Fashion” kata Ikhwan, minggu (10/09/2023).

Inkubasi dan pembukaan program telah dilakukan pada tanggal 10 September di Hotel Emersia Lampung. Pada pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Bapak Pratikno selaku Pimpinan Wilayah PT. Pegadaian Kanwil III Sumbagsel, CEO Siger Innovation Hub Ikhwan Ferdian dan para narasumber dari HIPMI Lampung, Owner Kripik Shinta dan Owner Rumah Makan Alas Cobek Lampung.

“Saya sangat antusias dan terima kasih kepada tenant di Provinsi Lampung yang sudah ikut dalam The Gade Preneur Space Lampung. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus secara berkelanjutan agar dapat meningkatkan UMKM di Propinsi Lampung, “kata Pratikno, minggu (10/09/2023)
Selain itu beliu juga menyampaikan harapan kepada tenant terpilih dari The Gade Preneur Space, supaya kedepannya UMKM di Propinsi Lampung dapat menembus pasar Nasional maupun Internasional.

“The Gade Preneur Space yang pertama ini kan ada 30 tenant, harapannya bisa meningkat di batch selanjutnya dan harapan selanjutnya UMKM Lampung bisa bermain dikancah Internasional, Nasional, Pasar Dosmetik dan juga pasar Luar Negeri, itu harapan terbesar kami dari Pegadaian Wikayaj III”, kata Pratikno, minggu (10/09’2023).

Dalam program The Gade Preneur Space akan ada 10 pertemuan kelas inkubasi dengan banyak kurikulum yang sesuai kebutuhan tenent, nantinya akan banyak mentor bisnis yang akan memberikan pengetahuannya kepada 30 tenant terpilih selama inkubasi.
Tenant terpilih juga akan didampingi langsung oleh tim Siger Innovation Hub dibantu 10 orang Internship program Pegadaian Lampung sebagai tim Konten dan Pendamping Bisnis, nantinya tenant terpilih akan diberikan pendampingan branding dan legalitas bisnis.

Pada puncak kegiatan nantinya akan ada 10 tenant terbaik yang akan mendapatkan reward dari Pegadaian Lampung yang nantinya akan dipantau perkembangannya langsung oleh Ahmad Ghozali selaku Assistant Manager I Pegadaian Kantor Wilayah Palembang.

Pada Acara pembukaan program The Gade Preneur Space Ahmad Ghozali menyampaikan ” Nanti akan ada reward tenant terbaik yang akan dinilai oleh tim Pegadaian dan Siger Hub, penilaian seperti tingkat keaktifan, proses pertumbuhan pendapatan para tenant dan perkembangannya before dan after kegiatan akan menjadi salah satu penilaian tenant terbaik dalam program ini”.

The Gade Preneur tahun 2023 merupakan program yang pertama dan akan menjadi salah satu percontohan dalam program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pegadaian di kemudian hari, dan akan diadaptasi dibeberapa wilatah lainnya.