Berita  

“INDAHNYA KEBERSAMAAN”, Plt. Kakanwil Kemenkumham Jambi Luncurkan Inovasi Pendekatan Rasa Kehumanisan Pemasyarakatan (PeRaHuMas)

Ginews TV Investigasi,Rabu, 13 September 2023.Bertempat Di Lapas Kelas IIB Bangko, Plt KaKanwil Kanwil Kemenkumham Jambi melaksanakan kegiatan PeRaHuMas bersama dengan Warga Binaan Pemasyaralatan di Lapas Kelas IIB Bangko.

Kegiatan PeRaHuMas ini sendiri merupakan inovasi baru dari Plt.KaKanwil Kemenkumham Jambi.

Dalam pantauan Awak media GINews di lapas kelas IIB Bangko,Plt. KaKanwil Kemenkumham Jambi ( Kortini JM Sihotang ) mengawali kegiatan dengan melakukan pengecekan Kondisi Lapas, pemeriksaan perlatan dapur, peralatan makan narapidana dan bahan pangan Lapas Klas IIB Bangko.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan PeRaHuMas ini yaitu untuk memperat hubungan antar petugas dengan WBP, selain itu juga dengan adanya kegiatan ini bertujuan sebagai sarana komunikasi antar warga binaan dan petugas Lapas Kelas IIB Bangko dan sebagai ajang silaturahmi antara Plt. KaKanwil Kemenkumham Jambi ( Kortini JM Sihotang ) dengan para WBP.

Selain itu sasaran dengan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu, bisa mendekatkan petugas dengan keluarga WBP agar dalam melaksanakan tugas bisa memberikan pelayanan secara prima.

Dengan adanya inovasi PeRaHuMas ini, diharapkan petugas bisa mendengar keluh kesah dari WBP dan sekaligus dapat melakukan pencegahan jika ada informasi yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Kelas IIB Bangko.

Plt. KaKanwil Kemenkumham Jambi dalam pelaksanaan kegiatan PeRaHuMas bersama dengan WBP juga menyampaikan beberapa hal penting antara lain.
a. Penuhi Hak dan kewajiban para WBP
b. Lakukan sinergitas antara petugas lapas dan narapidana serta c.terapkan unsur kekeluargaan dalam melakukan pembinaan kepada WBP.

Hasil Pelaksanaan Kegiatan PeRaHuMas di Lapas Kelas IIB Bangko yang di lakukan oleh kakanwil Kemenkumham Jambi telah berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,dan Plt Kakanwil Kemenkumham PROV Jambi selanjutnya akan melaporkan hasil kegiatan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dengan tembusan Menteri Hukum dan HAM RI, Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, dan Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI.

Liputan : Kaperwil Ginews & Tim.