Pabung Kodim 0419/Tanjab Memberikan Pembekalan Terkait  Tentang Karhutla Di Lahan Gambut

Jambi-Globalinvestigasinews.com 2023/09/24
Dandim 0419/Tanjab Letkol Kav Muslim Rahim yang di wakili Pabung 0419/Tanjan Mayor Inf A Riadh, memberikan pembekalan kepada Perwakilan Masayarakat peduli api dari Desa Sinar Wajo, Desa Lagan Tengah, Desa Pematang Rahim dan Sei. Beras. Sekitar 50 orang.

Kegiatan dilaksanakan pada hari senin 25 September 2023 pukul 09.00 wib di Aula hotel Ratu di jalan Budi Utomo kelurahan Rano Kecamatan Sabak Barat Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan Pembekalan dan penguatan kapasitas kelembagaan yang ada di Desa Sungai Beras, Desa Pematang Rahim Desa. Sinar Waajo dan Desa Pandan Lagan terkait Mitigasi ( tindakan yang berkelanjutan untuk mengurangi atau menghilangkan jangka panjang ) terkait bahaya Karhutla.

Dalam arahannya Dandim 0419/Tanjab Letkol Kav Muslim Rahim, melalui Pabung Mayor Inf A. Riadh, saat memberikan materi terkait peran TNI dalam penanganan Karhutla khususnya di kabupaten Tanjab Timur.

Peran TNI dalam hal ini Babinsa terus menerus mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan melaksanakan patroli bersama Tim Karhutla dan MPA setempat dan bertindak sebelum, sesaat dan sesudah kejadian Karhutla.

Manfaat dari Kegiatan ini untuk penguatan kapasitas kelembagaan dalam rangka Mitigasi Karhutla di Landskap Hutan lindung Gambut di wilayah Kab. Tanjab Timur.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Warsi.( Kominitas konserfasi Indonesia ) yang bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Tanjab Timur. Yang dihadiri kepala pelaksana BPBD Tanjab Timur Helmi Agustinus. Koordinator Warsi WilayahbTanjab Timur Bapak Agus Sumarli. Tim Kominfo Warsi dan Pasilitator desa Helen silalahi.(T111k).