Gubernur Kalsel hadiri Harjad Kabupaten Tapin ke-58 Tahun, Teruslah Berkembang, Lebih Maju Sebagai Gerbang IKN

Rantau –Global investigasi news com.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama Ketua PKK Provinsi Kalimantan Selatan H. Raudatul Jannah, menghadiri peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin yang ke-58.

Tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin tahun ini adalah “Maju Baimbai Gasan Tapin Nang Inovatif Wan Unggul,” yang digelar di halaman Kantor Bupati Tapin, Rantau, pada Kamis (30/11) pagi.

Dengan penampilan marching band, peluncuran Tapinkab CSIRT, penayangan sejarah Tapin, tarian Bumi Ruhui Rahayu dari Sanggar Siram Bastari, pembacaan Al-Qur’an, dan sambutan, acara ini menjadi momen istimewa.

Gubernur Kalsel Paman Birin menyampaikan selamat hari jadi kabupaten Tapin yang ke-58 Tahun 2023 kepada seluruh masyarakat Tapin.

“Semoga peringatan ini menjadi hari yang bermakna untuk kita hayati, renungkan, dan momentum menjaga keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Tapin, agar lebih maju sebagai Gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” ujar Paman Birin.

Menurut Paman Birin, peringatan hari jadi adalah milik bersama, pemerintah daerah, dan seluruh lapisan masyarakat. Hari jadi bukan hanya seremoni pemerintahan tetapi momentum kebersamaan pemerintah dan rakyat.

“Di hari yang bersejarah ini, pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tapin harus terus berkomitmen dalam memelihara kerukunan, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan. Dengan komitmen ini, kita bisa berkembang lebih cepat dalam membangun daerah,” ujarnya.

Paman Birin menekankan bahwa kuatnya komitmen dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten kota akan berdampak pada percepatan pembangunan di berbagai sektor.

“Tugas kita sekarang ini adalah mempercepat pembangunan di berbagai sektor, karena kita sudah mendeklarasikan provinsi kita sebagai gerbang IKN dan penyangga pangan nasional,” pungkasnya.

Paman Birin berharap produk unggulan Kabupaten Tapin seperti Bawang Merah, Cabai Hiyung, dan padi terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Ia juga menyoroti perkembangan pesat Kabupaten Tapin dalam beberapa tahun terakhir, termasuk infrastruktur yang lebih baik.

“Jalanan sekarang di Tapin sudah lebar dan mulus, kompleks perkantoran begitu tertata dan rapi. Ini harus menjadi penyemangat untuk terus melakukan perubahan demi perubahan dan meningkatkan infrastruktur di kecamatan maupun di desa-desa,” harapnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Tapin M Syarifuddin menyampaikan bahwa Kabupaten Tapin telah menjadi kabupaten Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan RI dengan capaian 96,16% sebagai kado istimewa di hari jadi ke-58.

“Tahun depan kita berkomitmen mencapai 100%. Kami juga telah membangun minimall health project di Kecamatan Binuang dan Kecamatan Candi Laras Utara untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Syafruddin menekankan kemajuan pembangunan di Kabupaten Tapin tidak hanya dari pemerintah tetapi juga dari sektor swasta dan masyarakat.

“Koordinasi dan kolaborasi ini harus terus ditingkatkan, dan masyarakat benar-benar merasakan manfaatnya,” harapnya.

Acara tersebut dihadiri oleh mantan Bupati Tapin H.M Arifin Arpan, pimpinan Forkopimda Kalsel, DPRD Kalsel, Forkopimda Kabupaten Tapin, tokoh masyarakat Tapin Haji Ijai, Haji Ciut, serta masyarakat Tapin pada umumnya.

Juga turut hadir sejumlah Pejabat Bupati di Kalsel, seperti Pj. Bupati Batola Mujiyat, Pj. Bupati HSS Hermansyah, Pj. Bupati Tala Syamsir Rahman, serta Pj. Bupati HSU Zakkly Aswan. (Man / yuday)