Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kerinci Ajak Insan Pers Ikut Tingkatkan Partisipasi Pemilih Rasional.

KERINCI – 14/12/2023
Globalinvestigasinews.com
Menghadapi Pesta Demokrasi pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kerinci, mengajak para Insan Pers Media untuk ikut meningkatkan partisipasi Pemilih.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kerinci, Kumaini, kepada Insan Pers, saat Ngobrol Pintar (Ngopi) dengan berbagai Media Cetak Elektronik, Online dan Ormas pada Hari Kamis (14/12/2023) di Marka Caffe Sungai Penuh.

Dia mengatakan bahwa saat ini tahapan Pemilu telah dimulai, beberapa waktu lalu debat kandidat Capres dan Cawapres RI. Hal ini tentunya menimbulkan gejolak politik di tengah masyarakat.

“Pemilu merupakan ajang konflik yang sah dan legal, namun yang harus kita ingat Pemilu harus jadi Demokrasi yang baik dengan mengedepankan kontentasi ide dan Program, baik untuk Pilpres hingga Pileg,” Tuturnya.

Selanjutnya, Kata Afdhal Pebrianto Komisioner KPU Kabupaten Kerinci Dalam proses Pemilu, peran Wartawan LSM dan ormas sangat penting terutama dalam mencerdaskan pemilu di Kerinci. Untuk itu dirinya mengajak, Wartawan LSM dan Ormas, mengajak masyarakat memilih secara cerdas, giring masyarakat untuk memilih kontestasi ide dan program dari kandidat.

“Untuk Pileg mari sama-sama membuka wawasan masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas. Survey jumlah pemilih yang rasional masih lebih rendah dari pemilih tradisional. Ini yang harus diubah, agar demokrasi berjalan dengan baik,” sebutnya.

Ditambahkan bahwa, untuk tahapan kampanye tatap muka terbuka dari Pemilu akan dimulai tanggal 21 Januari sampai 10 Februari mendatang. Untuk itu melalui kegiatan ini disampaikan, tinggal hampir Dua bulan lagi menuju Pemilu 2024 yang akan digelar tanggal 14 Februari.

“Mari sama-sama kita mengsukseskan Pemilu 2024 mendatang yang aman, damai dan berintegritas,” Pemilu Damai Harga Mati Demokrasi,” Tutupnya.

(Yudi)