Berita  

Awasi Pemilu 2024 Bawaslu Tanjab Timur Gandeng Kaum Perempuan

Jambi-Globalinvestigasinews.com 2023/12/16
Antisipasi terjadinya kecurangan di Pemilihan umum 2024.
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengajak seluruh masyarakat, termasuk kalangan Perempuan untuk ikut berpartisipasi melakukan pengawasan pemilu, serta berperan aktif pada tahapan-tahapan penyelenggaran Pemilu, khususnya dalam hal Pengawasan Pemilihan Umum 2024.

Rapat koordinasi ini Dibuka oleh Kordiv HP2H Nurdin SE, didampingi Narasumber  Guru Besar Unja Prof. DR. Elita Rahmi, Biro Hukum Pemrov Jambi Prof, Siti Nurjanah, serta dihadiri organisasi Perempuan Se-Kabupaten Tanjab Timur.

Rapat Kordinasi ini dapat menggali tentang ide, gagasan dan inovasi tentang pengawasan Pemilu serentak, serta mensosialisasikan pengawasan pemilu partisipatif pada pemilu 2024. Dengan tema “Peran Perempuan Dalam Pengawasan Pemilu”.

Kordiv PH2P Nurdin mengatakan, peranan perempuan sangatlah penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, termasuk juga di dalam Pemilu 2024.

Bawaslu Tanjab Timur sudah berikan pencerahan mengenalkan fungsi  Politik dan tugas pengawasan pemilihan umum serentak. Kepada seluruh elemen masyarakat, terkhusus pada hari ini Bawaslu melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Kaum perempuan.

Nurdin.SE mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong ormas perempuan di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung, untuk aktif terlibat dalam pelaksanaan pengawasan pemilu 2024.

Harapannya “dengan diadakan kegiatan tersebut perempuan bisa ikut berpartisipasi aktif dalam mengawasi pemilu dengan saling bergandeng tangan dengan Bawaslu Kabupaten Tanjab Timur guna melakukan pencegahan pencegahan atau meminimalisir terjadinya pelanggaran,”

Guru besar universitas jambi Prof Dr, Elita Rahmi menjelaskan, perempuan juga memiliki
Tanggung Jawab pengawasan Pemilu bukan saja hanya Bawaslu tetapi masyarakat juga mempunyai peran penting. Dengan melibatkan kaum perempuan dalam pengawasan, ini merupakan wujud keberpihakan Bawaslu terhadap kaum perempuan.

Prof Dr Elita Rahmi menyampaikan, bahwa perempuan dalam pesta demokrasi ini, merupakan sesuatu yang sangat strategis untuk menjunjung tinggi hak asasi perempuan, dan pada prinsipnya demokrasi itu berbasis kesetaraan ataupun keadilan gender.

Selanjutnya Prof Siti Nurjanah Biro Hukum Pemrov Jambi menyampaikan bahwa perempuan itu adalah sosok yang diciptakan Allah itu memiliki suatu kemuliaan dibandingkan dengan laki-laki karena dalam salah satu hadis nabi disebutkan bahwa yang paling utama dihormati adalah seorang ibu kemudian ayah. 

“Artinya sosok perempuan itu adalah sosok yang luar biasa, begitu pula di negara kita bahwa perempuan itu juga menjadi bagian salah satu yang terpenting karena perempuan menjadi partner laki-laki mitra laki-laki” Katanya.

keterlibatan organisasi perempuan dalam pengawasan Pemilu akan membangun rasa optimisme dalam mewujudkan pemilu yang jujur, bersih dan bermartabat.(T111k).