DEWAN BARITO KUALA HADIRI MUSRENBANG DI KECAMATAN ALALAK

Barito Kuala Ginews.com

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrembangkec) Alalak yang dilaksnakan di aula kantor Kecamatan Alalak menjadi panggung diskusi yang dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barito Kuala, M. Agung Purnomo, S.Psi, bersama Dra. Arfah, Kepala Bappelitbang, Hendri Dyah Estiningrum, Reza Widya Noor, dan anggota DPRD lainnya. Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari SKPD, Kapolsek Alalak Syahminan, lembaga vertikal, Kepala Desa se-Kecamatan Alalak, dan BPD.

Dalam sambutannya, M. Agung Purnomo menyoroti fokus Musrembangkec Alalak yang lebih terkait dengan pengembangan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Purnomo menyampaikan bahwa infrastruktur menjadi prioritas strategis, seiring dengan pandangan Sidin Karba yang menganggapnya sebagai hal yang lebih strategis untuk saat ini. Menurut Purnomo, infrastruktur yang terjamin, terbangun, nyaman, dan aman akan memberikan dampak positif pada sektor kesehatan dan pendidikan.

“Penting bagi kita untuk benahi terlebih dahulu infrastruktur. Sebagaimana yang sudah-sudah, tahun 2025 kita targetkan akan memiliki lebih banyak infrastruktur yang mampu menopang pertumbuhan dan perkembangan wilayah ini,” ujar agung.

Setelah Musrembangkec Alalak, usulan dan prioritas pembangunan akan disandingkan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrembangkab). Purnomo menekankan perlunya porsi prioritas bagi Kecamatan Alalak, meskipun dana keuangan daerah terbatas.

“Dari hasil Musrembang ini, kita akan lihat prioritas mana yang akan dipilih oleh Pemkab untuk dipenuhi di Kecamatan Alalak. Prosesnya memang masih panjang, dan tidak semua usulan kecamatan dapat terpenuhi karena kendala anggaran yang kita ketahui bersama, terutama di Kabupaten Batola,” ungkap agung.
Wakil Ketua DPRD juga berharap adanya inovasi dalam penanganan kendala anggaran, dengan mempertimbangkan jalur-jalur anggaran baik dari tingkat propinsi maupun pusat. Purnomo meminta agar semua pihak dapat bersikap legowo dan berbelas hati jika ada usulan yang tidak terpenuhi, sambil menekankan bahwa prioritas pembangunan harus menjadi yang utama.
Harapannya, Musrembangkec yang telah menetapkan prioritas tersebut dapat terlaksana dengan baik dan menjadi kesimpulan akhir yang dapat diterima oleh semua jajaran di Kecamatan Alalak, termasuk kepala desa, aparat, dan pemangku kepentingan lainnya. (Salim Jp/Yuday)