Berita  

Polda Kalsel Gelar Acara Pemilu Damai, Salam Ketua DKB Tampil Membacakan Ikrar

Banjarmasin –Ginews.com – Organisasi Dayak Kulawarga Borneo yang disingkat dengan (DKB) Kalimantan Selatan turut serta dalam acara Deklarasi Pemilu Damai 2024 antar suku di Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan oleh Polda Kalsel di Lapangan Kamboja, Jalan Anang Adenansi, Banjarmasin pada Rabu, (31/01/2024).
Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto SH MH, PJU Polda Kalsel, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol.Sabana A.Martosumito S.IK.,M.H dan jajaran Kapolsek se- Kota Banjarmasin serta Forkopimda Kalsel dan perwakilan dari Bawaslu Kalsel.
Dimulai sejak pukul 9 pagi, kegiatan deklarasi ini diikuti oleh DKB Kalsel, DAD Kalsel, Laung Kuning, dan suku-suku lainnya di Kalsel, seperti Suku Banjar, Suku Jawa, Suku Batak, Suku Madura, Suku Bali, dan Tionghua.
Ketua Umum DKB Kalsel, Salam,.S.H.M.H, sebelum memimpin ikrar pemilu damai tahun 2024 menyampaikan kata sambutannya dengan menekankan semangat persatuan dan kesatuan yang bertujuan untuk Pemilu damai.
“Adil Ka’ Talino, Bacuramin Ka’ Saruga, Basengat Ka’ Jubata, rakat mufakat jangan becakut Papadaan,” ujar Salam.
Kepada seluruh peserta deklarasi, Salam menyampaikan pesan ini, dan dijawab dengan ucapan “Arus yang artinya setuju” oleh peserta suku Dayak yang hadir.
Dalam acara tersebut, Ketua DKB Kalsel juga menyerahkan Cenderamata ‘Mandau dan Talawang’ kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto SH MH, dimana “Talawang” adalah tameng atau perisai Suku Dayak yang terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.
Deklarasi Pemilu Damai 2024 antar suku di Kalsel tersebut mencakup 5 poin kesepakatan yang menitikberatkan pada menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Republik Indonesia, mendukung pelaksanaan pemilu damai 2024 yang aman, mendukung sinergitas dan solidaritas TNI-Polri, Pemda, tokoh adat, dan elemen masyarakat dalam menciptakan stabilitas KAMTIBMAS, serta menjaga kebhinekaan untuk mewujudkan situasi KAMTIBMAS yang kondusif.
Salam juga menegaskan melalui deklarasi ini, mereka bersama-sama berkomitmen menjaga kondusifitas Banua agar tetap aman dan terkendali,
“Dengan kerjasama antara DKB Kalsel, Suku suku lainnya serta dukungan dari pihak TNI, Polri, dan stakeholder lainnya. Mari kita sukseskan Pemilu damai tahun 2024, ” Jangan Becakut Papadaan!! ,” tandas tokoh dayak Meratus ini.
Seusai acara Kapolda Kalsel,memberikan keterangan pers bahwa beliau mengatakan dengan adanya acara ini kita berharap Kalsel tetap selalu kondusif jangan hanya karena beda pilihan kita menjadi tidak harmonis dan itu jangan sampai terjadi ungkap Winarto . (Yuday)