Berita  

Aris Ginanjar Jadi Sorotan Semua Kalangan Karena Usahanya Di Bidang Ikan Jenis Bioflok Yang Kian Maju Dan Sukses

Banjar – Pengusaha muda asal desa Mekarharja kecamatan Purwaharja kota Banjar” Aris Ginanjar ” yang sukses menggeluti usaha jenis ikan bioflok jadi sorotan semua kalangan baik pengusaha ikan atau kelompok ikan yang ada di kota Banjar bahkan luar Banjar,pasalnya aris asli orang Banjar kelahiran tahun 80 an yang belum lama menggeluti usaha dibidang ikan jenis bioflok tapi dalam waktu singkat Aris Ginanjar bisa berhasil dan sukses jadi pengusaha ikan jenis bioflok.omset perbulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Aris Ginanjar selain jadi sorotan oleh pengusaha dan kelompok ikan yang ada dikota Banjar bahkan luar kota Banjar.beliau sering diminta untuk bimbingan teknis (BimTek) terkait tata cara pengolahan ikan jenis bioflok.

Tak ayal lagi Aris pun jadi lirikan dinas ketahanan pangan,pertanian dan perikanan kota Banjar.pada hari Senin 26 Pebruai 2024 Aris Ginanjar jadi narasumber cara pengolahan ikan jenis bioflok di aula Pajajaran kota Banjar pada kegiatan pemberdayaan pembudidaya ikan kecil sub kegiatan pengembangan kapasitas pembudi daya ikan kecil.kegiatan tersebut dihadiri oleh pengusaha ikan dan kelompok perikanan yang ada di kota Banjar bahkan luar Banjar.

Pada kegiatan tersebut Aris Ginanjar mengatakan,”Saya selaku pengusaha ikan jenis bioflok tidak langsung berhasil,banyak suka dukanya bahkan saya pernah mengalami kerugian ikan mati sebanyak 3 kwintal sekaligus.hal tersebut tidak menjadikan saya jadi terpuruk dan dijadikan motifasi karena kecerobohan saya dalam mengelola ikan yang kurang baik.belajar dari pengalaman saya terus belajar dan belajar yang akhirnya saya bisa berhasil seperti saat ini.saya tidak akan pelit dalam berbagi ilmu dengan siapa pun yang penting ada kemauan insya alloh akan saya bimbing sampai berhasil.” Katanya.

Lebih lanjut Aris memaparkan,” Ikan air tawar merupakan komoditas perikanan yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi, sebut saja seperti ikan nila. Seiring dengan berjalanya waktu, teknologi produksi budidaya ikan kian berkembang pesat, salah satu teknologi yang digemari pelaku usaha budidaya yaitu bioflok”

Teknologi bioflok lebih tepat dikatakan sebagai sistem budidaya terintegrasi, karena terjadi symbiosis antara mikroorganisme dan ikan sebagai komoditas utama budidaya. Bioflok sendiri merupakan sebuah sistem dengan menumbuhkan mikroorganisme”

Fungsi dari mikroorganisme tersebut ialah memanfaatkan limbah yang terdapat di kolam tempat ikan hidup. Bioflok didominasi oleh bakteri probiotik dan jamur.” Paparnya.

Ditambahkan Aris,” Penggunaan system bioflok untuk ikan budidaya memang saat ini lagi marak, hal ini yang perlu dikembangkan utamanya untuk para pemula untuk membudidayakan ikan nila dengan metode ini. Salah satu hal yang perlu dikembangkan bagi para peternak ikan nila,bagi siapa pun yang berminat untuk memulai budi daya ikan jenis bioflok saya siap memberikan bimbingan teknis tata cara budidaya ikan jenis biolflok.siapa pun bisa telfon atau WA saya ke nomor 0812 8159 6974,saya siap dengan tangan terbuka.Kalau bioflok ini berhasil yang lain akan mengikut. Efeknya ini bisa menjadi ketahanan pangan keluarga, kemudian meningkatkan ekonomi keluarga. Harapannya bisa menyebar dan memperkuat perekonomian masyarakat secara luas,” Pungkar Aris Ginanjar.(Tons)