Berita  

Kreatif, SMPN 4 Seberida Buat Plang Nama Dari Barang Bekas

Gelobal investigasi News
INHU – Barang-barang bekas (sampah), terutama bekas minuman kemasan botol plastik, banyak dibuang begitu saja apabila tidak tau ilmu dan manfaatnya. Ternyata barang yang dianggap sampah tersebut banyak sekali manfaatnya apabila kita mengetahui ilmunya.

Banyak ragam manfaat bekas minuman botol plastik seperti Aqua dan sejenisnya apabila kita tau cara dan faham untuk mengelolanya dari barang bekas menjadi barang yang berkualitas bahkan, bisa menjadi barang yang sangat bernilai harganya.

Salah satu contoh, di SMP Negeri 4 Seberida, bekas minuman botol plastik tersebut dijadikan bahan dasar untuk pembuatan kursi tempat duduk yang nyaman dan mempunyai nilai seni yang cukup tinggi.

Selain itu para guru dan siswa juga yang diprakarsai oleh kepala sekolahnya Salmi Erita S.Pd berinovasi untuk membuat plang nama sekolah juga dari bahan dasar bekas botol minuman.

” Kami mencoba untuk memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, dari barang yang tidak berguna menjadi bermanfaat, seperti membuat tempat duduk, plang nama dan hiasan lainnya untuk memperindah sekolah kami,” ujar Kepsek Salmi Erita saat ditemui.

Diakuinya juga, dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, bisa mengurangi pengeluaran biaya. ” Ini juga sebagai suatu ilmu tambahan untuk para siswa, agar jangan menyepelekan barang barang bekas dan membuangnya begitu saja, gunakanlah selagi bisa kita manfaatkan,” tutup Kepsek yang ramah ini. (Sw/Tm)