HAUL KE-9, H. LEMAN TOKOH BANUA TERSOHOR KEDERMAWANNYA MEMBAWA KEBERKAHAN BAGI BATOLA.

MARABAHANN,GINNEWS TV.COM

Ribuan jemaah menghadiri peringatan Haul ke-9 tokoh banua, H Abdussamad Sulaiman bin H Basirun atau yang lebih dikenal dengan Haji Leman digelar di Kubah Datuk Abdussamad di Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) Sabtu (9/3/2024).

Tak hanya masyarakat dari Kabupaten Batola saja, jemaah juga datang dari Kota Banjarmasin dan kabupaten lainnya yang ada di Kalimantan Selatan.

Haul juga dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Batola, tokoh masyarakat dan pemuka agama. Selain itu, dari kalangan ulama dan habaib tampak hadir Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf (Solo), Habib Quraisy Baharun (Cirebon), Habib Ali Zainal Abidin (Surabaya), Habib Haidar Al Hamid (Tanggul), Habib Fahmi Al Muhdhor (Probolinggo), serta KH Ahmad Sanusi Iberahim atau Guru Jaro), KH Muhammad Qomaruddin atau Guru Busu, KH. M. Asqolani Lc dan Ustadz H. Mohammad Mobarak.

Acara haul berlangsung khidmat, diawali dengan pembacaan tahlil dan yasin untuk Almarhum H Abdussamad Sulaiman HB. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan maulid habsyi oleh Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf.

Peringatan haul juga diisi dengan tausiyah yang disampaikan Habib Quraisy Baharun. Beliau juga berbagi pengalamannya bersama tokoh Kalsel tersebut semasa hidup.

Habib Quraisy menceritakan, sejak tahun 2009 sudah terjalin ikatan kekeluargaan dengan H Abdussamad Sulaiman HB.

masukkan script iklan disini
Dari sini lah, Habib Quraisy mengenal kepribadian sosok founder Hasnur Group dan PS Barito Putera ini yang sifat-sifatnya bisa untuk diteladani.

Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup almarhum. Diantaranya adalah sifat dermawan, murah hati, gemar membaca ayat Alquran serta kedekatannya dengan para habaib dan ulama.

Kemudian, dilanjutkan dengan tausiyah Guru Jaro. Beliau juga menceritakan tentang kebaikan-kebaikan almarhum semasa hidupnya, serta bagaimana kerja kerasnya untuk membangun usaha dan kemudian memberikan manfaat bagi masyarakat banua.

Sementara, mewakili pihak keluarga, Hasnuryadi Sulaiman, mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh masyarakat, para undangan, serta para habaib dan ulama.

“Atas nama keluarga besar abah tercinta Haji Abdussamad Sulaiman bin Haji Basirun dan mama Hajjah Nur Hayati binti Anang Dulah, kami mengucapkan terimakasih atas kehadirannya, baik secara fisik maupun virtual, dan memohon doa mudahan abah dan mama tercinta diberikan tempat yang mulia di surga Allah SWT dan di sisi Rasulullah SAW,” ucapnya.

“Kami juga memohon doa dan bimbingan seluruh masyarakat banua tercinta, agar kami sebagai penerusnya mampu mengamalkan apa yang telah yang dicontohkan oleh almarhum abah mama kami tercinta,” ujar Hasnuryadi menambahkan. Wawan/yuday)