Berita  

Ketum APDESI Pusat Gembira dan Bangga atas Prosesi Pelantikan APDESI Propinsi Kalsel.

Handil Bakti Batola –GINEWS TV COM.

Hari ini adalah hari momentum karena Batola Kalsel dijadikan tuan rumah suasana penuh keceriaan dan penuh semangat menyertai acara pelantikan Pengurus Pimpinan Daerah dan Cabang Asosiasi Masyarakat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Kalimantan Selatan, yang berlangsung meriah di Pawon Tlogo Handil Bakti kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala propinsi Kalimantan selatan.

Pada hari Rabu,(17/4/24) kemaren. ini adalah sebuah momentum bersejarah karena kabupaten Barito Kuala dijadikan sebagai Tuan rumah untuk prosesi pelantikan para APDESI yang dilantik langsung oleh Ketum APDESI pusat.

Acara ini berdasarkan pantauan yuday dari awak media ini dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel diwakili oleh Kadis PMD propinsi Kalsel dan para tokoh berpengaruh di propinsi Kalsel seperti H.Sopyan HK sang ketua DPRD Propinsi Kalsel, Danrem 101 Antasari Brigjend Ariyanto dengan Didampingi oleh Dandim Barito Kuala Yang akrab disapa pa Gultom, PJ.Bupati Batola Pa Mujiyat.

Dan pihak polri dan dari Kejari Barito Kuala.Lebih dari 1500 kepala desa dari berbagai penjuru Kalsel bersama-sama menghadiri acara bersejarah ini, memperlihatkan solidaritas yang kuat dalam mendorong pembangunan desa di provinsi ini kehadiran para tokoh berpengaruh tersebut untuk memberikan dukungan yang besar bagi peran APDESI dalam merumuskan strategi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

Ketua APDESI Pusat, Drs. H. Surta Wijaya Bersama Ketua APDESI Barito Kuala H Merri Apriansyah

Ketua panitia pelaksana, H. Meri Apriansyah Kades Tatah Masjid , yang juga menjabat sebagai Ketua APDESI Kabupaten Barito Kuala, menegaskan, “Pelantikan ini adalah awal baru bagi kita semua. Kita bersama-sama akan bekerja keras untuk memastikan desa-desa kita menjadi pusat kegiatan ekonomi yang berdaya saing tinggi dan berkualitas.” Tuturnya.

Sementara itu masih dilokasi acara Yuday ketua Forum jumpa pers Kalimantan selatan (FJPK) diberi kesempatan untuk bertanya kepada Ketum pusat apa yang menjadi harapannya terhadap para APDESI Yang sudah dilantik ini ? Sebelumnya kami atas insan media , Mengucapkan selamat datang di Barito Kuala Propinsi Kalsel pa Doktor H. Surta Wijaya, dan memang pantas dan layak sekali bapak dipilih menjadi ketua APDESI Pusat setelah kami dari nsan media mencermati isi pidato Bapak tadi menandai komitmen yang kuat dari tingkat nasional untuk mendukung pembangunan desa_desa yang ada diwilayah Kalsel dan anggaran desa sudah disetujui pemerintah untuk dinaikan dari sebelumnya.

Dijawabnya,dengan pelantikan pengurus APDESI dari delapan kabupaten yang hadir, termasuk Balangan, Barabai, Tanah Laut, Banjar, Amuntai, Barito Kuala, Tapin, dan Kandangan, menjadikan harapan untuk kemajuan dan kesejahteraan desa-desa di Kalsel semakin nyata.

“Pelantikan ini bukan hanya sekadar seremoni formal, tetapi merupakan langkah nyata dalam membangun desa-desa yang mandiri dan berdaya saing,” ujar H. Surta Wijaya, Ketua APDESI Pusat. Dan sebelum kesini ke BATOLA,saya melantik para APDESI di Propinsi Sumatra selatan Dan khusus untuk pa Merry sapaan dari Ketua APDESI Kabupaten Barito Kuala ,saya menilai bahwa beliau bukan hanya merupakan aset bagi kabupaten Barito Kuala tapi juga merupakan aset bagi propinsi Kalsel itu sendiri.

Dan saya optimis dibawah Komando Ketua masing_masingg APDES dari 8 Kabupaten yang dilantik tadi termasuk ketua APDESI Propinsinya pa Nasution,semuanya adalah orang_orang Profesionalisme pilihan yang tepat dan semoga amanah.Sambung Dr.H Surta Wijaya, Acara ini juga tidak hanya menjadi momentum untuk APDESI Kalsel, tetapi juga sebagai inspirasi bagi kabupaten lainnya di Indonesia untuk memajukan desa-desa mereka.

“Semoga pelantikan ini menjadi tonggak bersejarah dalam mewujudkan desa-desa unggul mandiri di Kalimantan Selatan”. Harapan ketum APDESI pusat yang telah bergelar Doktor ini.(yuday)